Apa itu Penyakit Influenza (flu)

Apa itu Penyakit Flu

Penyakit influenza atau flu adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita penyakit ini akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk. Kondisi penyakit influenza (flu) bisa datang secara tiba-tiba, biasanya berlangsung selama 7 sampai 10 hari.

Flu bisa hilang begitu saja dan ada yang diobati menggunakan obat obatan alami atau obat resep. Kebanyakan kasus flu umumnya bisa sembuh sepenuhnya. Namun bagi orang tua, balita, dan orang yang daya tahan tubuhnya lemah, gejala flu bisa terasa lebih parah dan bahkan mengakibatkan kematian akibat komplikasinya. Tipe lain dari flu adalah flu babi (HIN1), flu burung (H5N1, H7N9), dan lain-lain.

Banyak orang mengira flu sama dengan batuk pilek biasa (common cold). Walaupun gejalanya mirip, kedua kondisi ini disebabkan oleh jenis virus yang berbeda. Gejala flu, cenderung lebih parah dan menyerang secara mendadak. Dibandingkan dengan gejala batuk pilek biasa, cenderung ringan dan muncul secara bertahap.

Baca juga : Kiat-kiat hidup sehat

Influenza (flu) merupakan penyakit yang mudah menular ke orang lain, terutama pada 3-4 hari pertama setelah penderita terinfeksi. Bahkan pada beberapa kasus, penderita penyakit ini dapat menularkan penyakitnya sebelum gejala muncul. Orang dewasa biasanya terjangkit influenza 2-3 sekali per tahun sedangkan anak-anak bisa mencapai 6-7 kali per tahun.

Tanda-tanda dan Gejala Penyakit Influenza (flu) :

Gejala influenza umumnya datang secara tiba-tiba. Tanda dan gejalanya biasanya mulai dari 24 sampai 48 jam setelah terpapar virus flu. Gejala dan demam terburuk biasanya berlangsung selama 3 sampai 5 hari. Tanda dan gejalanya seperti

  • Demam tinggi (di atas 38 derajat Celsius)
  • Panas dingin, nyeri otot
  • Merasa sangat lemah atau lelah
  • Sakit kepala
  • Mata terasa sakit
  • Batuk dan bersin
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung meler
  • Sakit perut (terlebih pada anak-anak dibandingkan orang dewasa)
  • Batuk dan merasa sangat lemah dan lelah bisa bertahan hingga 6 minggu

Mungkin ada beberapa tanda dan gejala yang tidak tercantum di atas. Jika Anda mempunyai kekhawatiran mengenai gejala influenza, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.

Baca juga : Informasi tentang kesehatan lainnya. Klik disini!

Pengobatan dan Mencegah

Flu adalah kondisi yang bisa diatasi. Pengobatan yang paling baik adalah istirahat.

Untuk mengatasi gejala lainnya yang membuat tidak nyaman, Anda bisa minum obat pereda nyeri NSAID seperti paracetamol dan ibuprofen, hingga obat batuk pilek, atau dekongestan. Jangan memberikan aspirin kepada anak-anak berusia kurang dari 16 tahun karena akan sangat meningkatkan risiko terkena Reye’s Syndrome.

Menghirup uap hangat dapat melegakan hidung yang tersumbat dan membantu mengencerkan sekret hidung (ingus). Tuangkan air panas ke dalam baskom lalu hirup uap hangat yang dihasilkan oleh air panas tersebut. Minyak esensial yang beraroma dapat ditambahkan. Anda dapat menggunakan selimut untuk membuat ruang tertutup bagi kepala Anda dan baskom agar uap air dapat terfokus ke hidung Anda. Tundukkan kepala Anda agar dapat mengarahkan uap air dengan lebih baik. Perbanyak minum air putih untuk mengencerkan ingus.

Influenza tidak bisa disembuhkan dengan antibiotik.

Jika anda tertarik untuk membeli susu kambing atau menjadi distributor, bisa chat dengan kami disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *