Apa itu Penyakit Jantung ?

apa itu penyakit jantung

Jantung adalah organ terpenting di dalam tubuh manusia dan mempunyai ukuran sebesar gengaman tangan. Organ ini berfungsi memompa dan menyebarkan darah dengan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Setiap organ tubuh pastilah memiliki penyakit yang bersangkutan dengan organ tersebut.

Penyakit Jantung adalah situasi ketika jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguan itu sendiri bisa bermacam-macam. Ada gangguan pada pembuluh darah, irama jantung, katup jantung, atau gangguan akibat bawaan lahir.

Baca Juga : Obat Alternatif penyakit Jantung

Organ ini memiliki otot yang terbagi menjadi empat ruang. Dua ruang terletak di bagian atas, yaitu atrium (serambi) kanan dan kiri. Sedangkan, dua ruang lagi terletak di bagian bawah, yaitu ventrikel (bilik) kanan dan kiri. Antara ruang kanan dan kiri dipisahkan oleh dinding otot (septum) yang berfungsi mencegah tercampurnya darah yang kaya oksigen dengan darah yang miskin oksigen.

Gejala Penyakit Jantung

Berikut gejala-gejala penyakit yang timbul pada umumnya antara lain sebagai berikut :

  1. Detak jantung yang tak beraturan,
  2. Mudah lelah,
  3. Napas terasa berat,
  4. Sulit tidur,
  5. Berdebar karena hal yang tidak pasti.

Baca juga : Informasi tentang kesehatan lainnya. Klik disini!

Cara Pencegahan Penyakit Jantung

Sebelum seseorang terkena penyakit ini sebaiknya mulai melakukan pencegah sejak dini. Cara ampuh untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan :

  • Rajin Olahraga
  • Hindari Stres,
  • Mengatur Pola Makan,
  • Tidak Merokok,
  • Berhenti Merokok (untuk yang sebelumnya merokok),
  • Rutin Cek Tensi dan Kolesterol.

Cara Mengobati Penyakit Jantung

Pengobatan penyakit ini bervariasi berdasarkan kondisinya. Secara umum, pengobatan untuk penyakit ini biasanya meliputi:

– Perubahan gaya hidup. Hal ini termasuk makan makanan rendah lemak dan diet rendah natrium, berolahraga  ringan setidaknya 30 menit pada beberapa hari dalam seminggu, berhenti merokok, dan membatasi asupan alkohol.

– Obat Medis. Jika perubahan gaya hidup saja tidak cukup, dokter mungkin meresepkan obat untuk mengontrol penyakit ini. Jenis obat akan tergantung pada jenis penyakit ini.

– Pengobatan Alternatif. Jika perubahan gaya hidup saja tidak cukup dan penderita ingin mencari pengobatan alternatif disarankan untuk meminum susu kambing etawa yang mudah diserap tubuh.

– Prosedur medis atau operasi. Jika obat tidak cukup, mungkin dokter akan merekomendasikan prosedur atau operasi tertentu. Jenis prosedur akan tergantung kerusakan pada organ ini.

Jika anda tertarik untuk mebeli susu kambing atau menjadi distributor, bisa chat dengan kami disini .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *