Apa itu Penyakit Psoriasis?

Apa itu penyakit Psoriasis

Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Penyakit ini menyebabkan gangguan kulit yang dimana sel-sel kulit berkembang biak hingga 10 kali lebih cepat dari biasanya. Terkadang, penyakit ini juga disertai dengan gatal dan nyeri. Penyakit ini lebih sering muncul di daerah lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala.

Hal ini membuat kulit menumpuk menjadi bercak merah bergelombang dengan sisik putih. Psoriasis bisa tumbuh di mana saja, tetapi kebanyakan muncul di kulit kepala, siku, lutut, dan punggung bawah. Psoriasis tidak dapat ditularkan dari orang ke orang.

Baca Juga : Ingin Tau Cara Kulit Agar Tetap Sehat

Psoriasis merupakan jenis penyakit yang dapat dialami oleh siapa saja, namun lebih sering terjadi pada orang berusia 15-35 tahun. Penyakit ini tidak menular, sehingga kontak langsung dengan ruam di kulit penderita tidak akan menyebabkan seseorang terkena penyakit ini.

Gejala Penyakit Psoriasis

Gejala psoriasis berbeda-beda tergantung jenisnya, dan dapat hilang-timbul. Penderita bisa mengalami gejala selama beberapa hari atau beberapa minggu, kemudian gejala hilang untuk sementara waktu sampai akhirnya muncul kembali. Gejala akan muncul jika penderita terpapar kembali dengan faktor pemicu.

Penyebab Penyakit Psoriasis

Penyakit ini merupakan penyakit menahun akibat gangguan kekebalan tubuh atau autoimun, yakni terjadinya penebalan kulit di berbagai tempat di tubuh seperti muka dan kulit kepala dan sel-sel kulit mati diproduksi secara berlebih.

Baca juga : Informasi tentang kesehatan lainnya. Klik disini!

Ciri-ciri Penyakit Psoriasis

Ciri-ciri penyakit ini adalah keadaan merah bersisik tebal dan melebar pada kulit kepala.

“Terdapat juga di siku, lutut, dan bokong karena tempat itu adalah lokasi yang gampang trauma,” kata dr. Endi.

Selain itu, penyakit ini dapat ditemukan di kuku.

“Kerusakan kuku banyak yang mengira itu jamur. Tapi, bila diperhatikan itu akan muncul lubang-lubang pada kuku. Dapat disertai bengkak sendi,” imbuh dokter Endi.

Pengobatan Penyakit Psoriasis

Pengobatan penyakit ini bertujuan untuk meredakan gejala. Setiap orang berbeda-beda, sesuai jenis dan tingkat keparahannya. Pengobatan bisa dilakukan dengan pemberian obat oles, obat tablet, obat suntik, terapi khusus menggunakan sinar ultraviolet, atau terapi dengan menggunakan bahan herbal seperti susu kambing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *