Apa Itu Probiotik? Kenali Probiotik Dari Jenis Hingga Cara Kerjanya

Apa itu Probiotik - susukambing.id

Probiotik adalah suatu mikroorganisme berupa bakteri baik yang hidup disistem pencernaan manusia, yang berfungsi untuk membantu dalam melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan. Bakteri tersebut dapat melindungi lambung dan usus, dari berbagai serangan penyakit. Dan Probiotik juga berperan penting dalam meneruskan makanan atau minuman yang sudah ditelan agar bisa dicerna. Setelah anda mengetahui apa itu probiotik, sekarang mari kita ketahui lebih lanjut tentang apa itu Probiotik.

Probiotik bisa anda temukan dalam produk-produk makanan dan minuman yang difermentasi seperti susu, yoghurt, tempe, acar, kefir, dan juga dalam suplemen. Makanan makanan tersebut telah melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan Probiotik didalamnya. Probiotik dibagi menjadi tiga macam, yaitu :

  • Lactobacillus. Yaitu probiotik yang paling sering ditemukan dalam makanan atau minuman yang difermentasikan. Bakteri ini dapat membantu dalam mengatasi diare dan gangguan penyerapan laktosa.
  • Bifidobacterium. Bakteri ini bisa ditemukan pada produk-produk susu olahan, yang berguna untuk meredakan gangguan pencernaan jangka panjang.
  • Saccharomyces boulardii. Tergolong sebagai jamur pada probiotik. Jenis jamur ini dapat digunakan untuk menangani diare dan gangguan pencernaan.

Baca juga : Sehatkan Pencernaan Susu Kambing Sangat Baik Untuk Dikonsumsi Begini Penjelasannya

Lalu, Apa Itu Probiotik? Dan Bagaimana Cara Kerja Probiotik Dalam Tubuh

Para Peneliti mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana sebenarnya probiotik ini bekerja. Berikut beberapa cara yang membuat probiotik berguna bagi kesehatan anda :

  • Saat anda mengonsumsi obat antibiotik, maka bukan bakteri yang buruk saja yang akan terbunuh, tetapi seluruh bakteri baik maupun buruk juga akan ikut terbunuh. Nah, oleh karena itu, dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik, tubuh anda akan dapat mengembalikan bakteri-bakteri baik yang terbunuh,
  • Probiotik dapat membantu tubuh anda menyeimbangkan antara bakteri yang baik dan buruk didalam tubuh anda, sehingga tubuh dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Masalah Yang Bisa Di Atasi Oleh Probiotik

Probiotik membantu makanan yang anda konsumsi agar mudah dicerna oleh sistem pencernaan anda. Dan juga probiotik dapat mengatasi masalah-masalah pada sistem Pencernaan. Berikut ini beberapa masalah pencernaan yang bisa diatasi oleh probiotik :

  • Irritable bowel syndrome atau sindrome iritasi usus besar yang menyebabkan nyeri diperut, gas, dan sembelit.
  • Inflammatory bowel disease (IBD), yaitu radang usus besar dan usus halus.
  • Infeksi Diare yang bisa disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit.
  • Diare yang disebabkan oleh antibiotik

Sekian saja Artikel kali ini semoga bermanfaat, Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan anda ya…
Untuk membantu menjaga kesehatan anda, kami sarankan anda untuk mulai mengonsumsi Susu Kambing Etawa Naima, karena didalam Susu Kambing Etawa Naima terdapat kandungan Madu, Propolis, dan Bee Pollen yang dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan.

Dan Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti kami di Facebook, Instagram, dan terus kunjungi kami di www.susukambing.id ya… Untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan dan juga informasi menarik seputar promo terbatas Susu Kambing Etawa Naima di waktu-waktu tertentu, jadi jangan lewatkan ya, untuk pemesanan silahkan klik disini.

Sebagian materi dan gambar dalam artikel ini dikutip dari Alodokter, Health.kompas, Sehatq, Hellosehat, Halodoc, dan Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *