Apa sih Penyakit Parkinson itu?

Penyakit Parkinson

Apa sih Penyakit Parkinson itu?

Penyakit Parkinson adalah kelainan saraf progresif yang terus memburuk selama periode bertahun‐tahun dengan kehilangan kontrol pergerakan otot. Pada tahap awal, gejala mungkin adalah tangan bergetar. Selain itu, penyakit ini juga menyebabkan otot kaku atau gerakan motorik melambat.Penyakit ini tidak dapat sepenuhnya sembuh, tapi dokter mungkin memberikan obat untuk gejala. Dalam beberapa kasus langka, Anda perlu menjalani operasi otak untuk mengurangi gejala.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penyakit ini memburuk secara bertahap seiring berjalannya waktu, dan terbagi menjadi 5 tingkatan (stadium) seperti penjelasan berikut:

  • Stadium 1

Pada stadium 1, Gejala awal penyakit Parkinson tergolong ringan dan tidak mengganggu aktivitas penderita.

  • Stadium 2

Dalam jangka waktu perkembangan penyakit Parkinson dari stadium 1 ke stadium 2 berbeda pada tiap penderita, dapat berlangsung dalam hitungan bulan atau tahun. Pada tahap ini, gejala mulai terlihat.

  • Stadium 3

Penyakit Parkinson stadium 3 ditandai dengan gejala yang makin jelas terlihat. Gerak tubuh mulai melambat, dan mulai mengganggu aktivitas penderita.

  • Stadium 4

Lanjut ke tahap stadium 4, penderita mulai kesulitan berdiri atau berjalan. Gerak tubuh penderita akan semakin melambat, sehingga membutuhkan bantuan orang lain untuk menunjang aktivitasnya.

  • Stadium 5

Penyakit Parkinson stadium 5 dapat membuat penderita sulit atau bahkan tidak bisa berdiri sama sekali. Penderita juga dapat mengalami waham (delusi) dan halusinasi.

Baca Juga : Gizi Seimbang

Seberapa Umumkah Penyakit Parkinson?

Pada umumnya kasus penyakit ini terjadi kepada orang berumur lebih dari 60 tahun rentan terhadap penyakit ini. Namun, orang yang lebih muda mungkin juga mengalaminya. Penyakit ini umumnya mempengaruhi lebih banyak pria daripada wanita. Anda dapat mengatasinya dengan mengurangi faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Sebab-sebab Penyakit Parkinson

Beberapa sel saraf (neuron) dalam otak perlahan mati. Kekurangan neuron yang memproduksi zat kimia bernama dopamin dapat menyebabkan efek kelainan pada otak yang mempengaruhi motorik, mengakibatkan penyakit Parkinson. Penyebab kekurangan neuron sekarang tidak jelas. Namun, para ilmuwan berasumsi bahwa faktor di bawah ini terkait dengan penyakit:

  • Gen atau Keturunan: ilmuwan menemukan bahwa gen dapat menyebabkan penyakit Parkinson.
  • Lingkungan: terpapar zat berbahaya atau lingkungan berpolusi mungkin menyebabkan penyakit Parkinson, tapi tidak ada kesimpulan resmi.
  • Adanya bodi Lewy dan A‐synuclein di dalam bodi Lewy: ini adalah zat di dalam sel otak yang dapat menyebabkan penyakit Parkinson.

Pengobatan Penyakit Parkinson

Berikut beberapa metode pengobatan. Metode pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk meredakan gejala dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Metode pengobatan yang dapat dilakukan berupa:

1. Terapi suportif, seperti fisioterapi

2. Penggunaan obat-obatan, seperti antikolinergik dan levodopa

3. Prosedur bedah.

Walau tidak dapat diobati, Penyakit ini dapat dicegah. Berolahraga dan rutin mengonsumsi makanan kaya antioksidan dipercaya dapat mengurangi risiko sesorang terkena penyakit ini. Dan jangan lupa mengonsumsi susu untuk menjaga resiko terkena penyakit ini.

Jika anda tertarik untuk membeli susu kambing atau menjadi distributor, bisa chat dengan kami disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *