Apakah Penderita Intoleransi Laktosa boleh meminum Susu Kambing?

Penderita Intoleransi Laktosa

Intoleransi Laktosa adalah masalah pada tubuh yang terjadi ketika kondisi tubuh tidak dapat mencerna dengan baik kandungan laktosa pada susu. Apakah penderita Intoleransi Laktosa boleh meminum Susu Kambing?

Mari kita ketahui dulu lebih lanjut apa itu Intoleransi laktosa.

Baca juga : 5 Manfaat Susu Kambing Etawa

Laktosa adalah salah satu bentuk gula yang terkandung dalam susu dan produk olahan susu lainnya. Laktosa dicerna oleh tubuh menjadi glukosa dan galaktosa oleh enzim laktase, supaya dapat diserap oleh tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Orang dengan kondisi Intoleransi laktosa tubuhnya tidak menghasilkan laktase yang cukup, sehingga laktosa yang tidak tercerna masuk ke usus besar lalu terfermentasi oleh bakteri, dan menimbulkan berbagai gejala.

Apa saja Gejalanya?

Gejala intoleransi laktosa biasanya akan muncul setelah 30 menit – 2 jam setelah mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung laktosa, tingkat keparahannya pun tergantung dari seberapa banyaknya laktosa yang dikonsumsi. Berikut ialah gejala-gejalanya :

– Mual.
– Sakit Perut.
– Diare.
– Perut Kembung.
– Sering Buang Angin.

Intoleransi Laktosa merupakan salah satu jenis gejala intoleransi makanan yang cukup sering dialami oleh sebagian orang. Dan sebagian orang juga kerap menyamakan intoleransi laktosa dengan alergi susu, padahal dua kondisi ini jelas berbeda. Alergi susu terjadi karena sistem dalam tubuh bereaksi pada kandungan protein yang ada pada susu, sehingga tidak hanya menimbulkan keluhan saluran pencernaan, tetapi juga akan menimbulkan reaksi alergi pada tubuh, seperti munculnya ruam kulit kemerahan yang akan terasa gatal atau juga akan muncul gejala sesak nafas akibat dari penyempitan saluran nafas.

Apa saja Penyebabnya?

Intoleransi Laktosa dibagi menjadi beberapa Jenis, yaitu :

– Intoleransi laktosa primer, yaitu merupakan suatu kondisi penurunan produksi laktase pada tubuh karena seiring bertambahnya usia. dimulai pada usia 2 tahun, tetapi keluhan baru akan muncul saat remaja atau dewasa. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh faktor genetik.

– Intoleransi Laktosa sekunder. yaitu merupakan kondisi penurunan produksi laktase sementara karena disebabkan oleh penyakit celiac, penyakit crohn, infeksi usus, radang usus besar, atau kemoterapi.

– Intoleransi dalam masa Perkembangan. Bayi dengan kelahiran prematur dapat mengalami intoleransi laktosa secara sementara akibat usus halus belum berkembang sempurna saat dilahirkan.
– Intoleransi Laktosa Bawaan. Bayi yang lahir dengan kondisi sedikit atau tanpa memiliki enzim laktase. Kondisi ini sangat langka, namun bisa terjadi disebabkan karena kelainan genetik yang diturunkan dari orang tua nya.

Bagaimanakah Cara pengobatan bagi Penderita intoleransi laktosa?

Hingga saat ini, belum ditemukan pengobatan untuk intoleransi laktosa dan cara untuk meningkatkan produksi laktase. Jika menderita Intoleransi Laktosa pasien bisa menghindari munculnya keluhan dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung laktosa.

Berikut ini adalah makanan yang yang menjadi sumber laktosa tingi :

– Susu sapi
– Produk hasil olahan susu, seperti Keju, es krim susu, yoghurt, mentega.

Akan tetapi, tidak begitu dengan susu kambing. orang yang menderita Intoleransi Laktosa tidak akan mengalami gejala gejala tidak nyaman apabila meminum susu kambing.

Susu Kambing mampu dicerna dengan lebih baik oleh mereka yang menderita Intoleransi Laktosa, karena susu kambing memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah daripada susu sapi.

Meskipun susu kambing masih memiliki kandungan laktosa, tetapi banyak orang dengan kondisi Intoleransi Laktosa dapat meminum susu kambing tanpa mengalami gangguan.

Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk mulai mengonsumsi Susu Kambing Naima. Karena Susu Kambing Naima lebih mudah dicerna dan tidak mudah menimbulkan Alergi. Dan kadar laktosa nya tidak terlalu tinggi sehingga aman untuk anda yang menderita Intoleransi Laktosa tetapi ingin merasakan manfaat minum susu.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti kami juga di Facebook : Susu Kambing ID, Instagram : @susukambing.naima dan juga terus kunjungi kami terus di “www.susukambing.id” untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan dan juga informasi menarik seputar promo terbatas Susu Kambing Naima di waktu waktu tertentu, jadi jangan lewatkan ya… Untuk pemesanan silahkan klik disini

Sebagian materi dan gambar dalam artikel ini dikutip dari Aldodokter, fimela, dan Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *