Cara Memperlancar Sistem Pencernaan

Cara Memperlancar Sistem Pencernaan - susukambing.id

Sistem pencernaan manusia dirancang untuk mengubah segala makanan yang anda konsumsi menjadi nutrisi, yang nantinya akan digunakan untuk proses perkembangan dan perbaikan sel tubuh, juga sebagai sumber energi. Tetapi, setiap orang pasti pernah mengalami masalah pada sistem pencernaan mereka. Dan gangguan kesehatan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya ketika anda mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, sehingga membuat anda sakit perut, sembelit hingga diare. Lalu, bagaimana cara memperlancar sistem pencernaan?

Jika Sistem pencernaan anda bekerja dengan baik, tentu hal tersebut akan membuat anda merasa nyaman. Dan hal ini tentu saja di inginkan oleh setiap orang. Selain itu, sistem pencernaan yang baik juga dapat membantu mempertahankan kesehatan anda. Hal ini dikarenakan, tubuh mampu menyerap nutrisi dari makanan yang anda makan dengan baik, sehingga kebutuhan nutrisi anda terpenuhi. Namun terkadang, makanan atau kebiasaan anda yang buruk dapat membuat pencernaan anda bermasalah atau perut anda terasa tidak nyaman. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga : Makanan Sumber Protein Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Cara Memperlancar Sistem Pencernaan

1. Mengonsumsi Probiotik

Yoghurt [susukambing.id]

Probiotik Merupakan bakteri baik yang hidup didalam usus. Bakteri ini dapat membantu tubuh dalam melawan bakteri jahat, meningkatkan penyerapan nutrisi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, mengonsumsi makanan atau minuman probiotik dapat meningkatkan kesehatan pencernaan anda. Probiotik bisa anda dapatkan dari makanan atau minuman fermentasi seperti tempe, yoghurt, oncum, kimchi, dll.

Baca juga : Manfaat Konsumsi Makanan Probiotik

2. Mengonsumsi Makanan Berserat

Makanan Kaya Akan Serat [susukambing.id]

Untuk menyehatkan sistem pencernaan anda, maka anda perlu memperbanyak konsumsi makanan yang berserat. Karena serat merupakan hal yang harus anda penuhi setiap hari. Memenuhi kebutuhan serat harian anda (sekitar 25 gram serat) dapat membuat sistem pencernaan anda bekerja lebih lancar. Sehingga, kesehatan pencernaan anda pun dapat terjaga dengan baik, serta terhindar dari berbagai gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare, divertikulosis, hemoroid (wasir), dan sindrom iritasi usus. Makan makanan yang berserat juga dapat membantu mempertahankan berat badan. Anda bisa mendapatkan serat dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Minum Banyak Air Putih

Cara Memperlancar Sistem Pencernaan - Minum Banyak Air Putih [susukambing.id]

Untuk membantu memperlancar sistem pencernaan, anda diharuskan untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan anda yaitu dengan minum banyak air putih. Minum banyak air putih dapat membantu sistem pencernaan anda dalam melakukan kerjanya dengan baik. Air dalam sistem pencernaan dapat membantu memecah lemak dan serat larut air, sehingga hal tersebut dapat membuat tubuh mencernanya dengan lebih mudah.

4. Batasi Konsumsi Lemak

Makanan Berlemak [susukambing.id]

Lemak merupakan nutrisi yang sulit dicerna oleh tubuh, sehingga hal tersebut membuatnya bertahan lebih lama di sistem pencernaan anda. Anda mungkin juga akan merasa sangat kenyang setelah makan makanan yang berlemak, sehingga dapat membuat anda merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi lemak anda. Makanan berlemak bisa dari daging merah yang diolah atau dimasak dengan cara di goreng. Maka dari itu, anda bisa meminimalisirnya dengan cara mengubah cara memasaknya dengan cara dipanggang, ditumis, direbus, atau dikukus. Hal ini berlaku untuk memasak makanan apapun, karena ini lebih baik dari mengonsumsi makanan yang digoreng.

5. Berolahraga Secara Rutin

Berolahraga Secara rutin [susukambing.id]

Berolahraga secara teratur ternyata dapat membantu kerja sistem pencernaan anda menjadi lebih lancar. Karena hal tersebut, dapat membantu mempertahankan berat badan anda dan mencegah anda dari penyakit degeneratif (seperti, diabetes dan penyakit jantung). Maka dari itu, anda disarankan untuk mulai berolahraga secara rutin untuk membantu melancarkan sistem pencernaan anda. Anda bisa melakukan olahraga minimal 20-30 menit setiap harinya, dan anda juga bisa melakukan olahraga apapun.

6. Makan Dengan Perlahan

Cara Memperlancar Sistem Pencernaan - Makan Makanan Yang Sehat [susukambing.id]

Makan secara perlahan dapat memberikan sedikit waktu bagi tubuh anda untuk mencerna makanan dengan lebih baik. Sehingga, nutrisi dari makanan yang anda makan dapat diserap seluruhnya oleh tubuh. Makan secara perlahan juga dapat memudahkan sistem pencernaan dalam mencerna makanan.

Untuk membantu melancarkan sistem pencernaan anda, kami menyarankan anda untuk mulai mencoba mengonsumsi Susu Kambing Etawa Naima. Karena didalam Susu Kambing Etawa Naima terdapat nutrisi yang bagus untuk kesehatan pencernaan. Sehingga jika anda mengonsumsi nya secara rutin, maka hal tersebut dapat membantu untuk menjaga sistem pencernaan anda agar tetap sehat.

Susu Kambing Etawa Naima - susukambing.id

Didalam Susu Kambing Etawa Naima juga terdapat kandungan dan nutrisi penting seperti Madu, Propolis, dan Bee Pollen yang dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan. Sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan anda dan keluarga.

Sekian Artikel kali ini, semoga bermanfaat… Dan Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti kami di Facebook, Instagram, dan terus kunjungi kami di www.susukambing.id ya… Untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan dan juga informasi menarik seputar promo terbatas Susu Kambing Etawa Naima di waktu-waktu tertentu, jadi jangan lewatkan ya, untuk pemesanan silahkan klik disini.

Sebagian materi dan gambar dalam artikel ini Alodokter, Hellosehat, Halodoc, dan Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *