Cara Mencegah Osteoporosis

Cara Mencegah Osteoporosis - susukambing.id

Osteoporosis adalah kondisi berkurangnya kepadatan tulang yang mana akan menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah. Gejala osteoporosis sulit untuk diketahui, tetapi gejala nya baru diketahui ketika penderitanya mengalami cedera atau patah tulang. Osteoporosis tidak hanya dialami oleh lansia saja, tetapi anak muda juga bisa mengalaminya. Lalu, Bagaimana cara Mencegah Osteoporosis?

Pada dasarnya osteoporosis memang seringnya diidap oleh lansia, sehingga remaja dan orang dewasa masih bisa menghiraukan penyakit ini. Padahal, kebiasaan sejak muda, seperti tak aktif bergerak bisa menyebabkan tulang menjadi gampang rapuh ketika sudah diusia tua. Maka dari itu, sangat perlu untuk merubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan mulai melakukan langkah tentang bagaimana cara mencegah osteoporosis sejak dini.

Baca juga : Manfaat Konsumsi Makanan Probiotik

Cara Mencegah Osteoporosis

Tua dan muda sama-sama memiliki risiko mengalami osteoporosis. Namun, Penyakit Osteoporosis bisa dicegah dengan melakukan beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Berolahraga Secara Rutin

Cara Meningkatkan Kepadatan Tulang - Olahraga Teratur [susukambing.id]

Tulang merupakan suatu jaringan hidup seperti otot yang bisa lebih kuat dan keras jika dilatih dengan benar dan rutin. Semakin Aktif bergerak atau berolahraga, kepadatan dan kekuatan tulang akan semakin meningkat. Oleh karena itu, aktivitas fisik selama masa muda sangat dianjurkan karena bisa menjadi bekal agar tulang tetap kuat disaat sudah tua nanti. Olahraga yang disarankan untuk melatih tulang dan mencegah osteoporosis adalah latihan beban dan latihan ketahanan. Untuk mencegah osteoporosis lakukan kedua latihan ini secara bergantian selama 3 atau 4 hari seminggu.

2. Mencukupi Kebutuhan Kalsium

Protein & Kalsium [susukambing.id]

Kalsium merupakan mineral penting yang ada didalam tulang. Pasalnya, saat kadar kalsium didalam tubuh tercukupi, tulang akan tetap kuat dan sehat. Sedangkan, jika kadar kalsium tidak tercukupi, kepadatan tulang akan berkurang sehingga menyebabkan tulang berisiko mudah patah. Oleh karena itu sangat disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium setiap harinya. Supaya tulang menjadi lebih padat dan agar terhindar dari osteoporosis dikemudian hari.

3. Menambah Asupan Vitamin D

Vitamin D Foods [susukambing.id]

Vitamin D berfungsi untuk membantu tubuh menyerap kalsium yang anda konsumsi. Dengan begitu, kalsium bisa diserap secara maksimal oleh tubuh tanpa ada yang terbuang. Sumber Vitamin D bisa berasal dari makanan dan juga berasal dari matahari. Sinar Matahari menjadi salah satu sumber alami terbaik vitamin D. Selain itu, Vitamin ini juga ditemukan dalam makanan dan minuman seperti kuning telur, ikan, hati sapi, keju, susu, sereal, dan jus jeruk.

4. Kurangi Minum Soda

Hand refuse soda [susukambing.id]

Soda dan Minuman berkarbonasi lainnya ternyata bisa menyebabkan tulang keropos. Hal ini diduga karena kandungan fosfor tambahan didalamnya. Kelebihan Fosfor didalam tubuh ternyata bisa mengacaukan penyerapan kalsium secara maksimal. Maka dari itu, konsumsi minuman2 bersoda harus bisa anda kurangi. Dan lebih bagus untuk menggantinya dengan minuman yang lebih sehat seperti susu dan air putih.

5. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Mengonsumsi Makanan-makanan Sehat [susukambing.id]

Untuk mencegah osteoporosis juga bisa dengan memperbanyak makan sayur dan buah. Di dalam sayur dan buah terdapat banyak sekali nutrisi penting untuk tubuh dan tulang. Tak hanya kalsium dan vitamin D, memperkuat tulang juga bisa dengan vitamin dan mineral lain seperti Magnesium, kalium, fosfor, vitamin C, hingga zink dapat membantu massa tulang tetap padat. Maka dari itu, tetaplah makan sayur dan buah setiap harinya.

6. Hindari Merokok

Cara Mencegah Osteoporosis - Hindari Merokok [susukambing.id]

Merokok tidak hanya buruk bagi paru-paru namun buruk juga untuk tulang. Merokok dapat mempercepat kemunculan osteoporosis karena kepadatan tulang menurun lebih cepat. selain itu, merokok juga mengganggu penyerapan kalsium akibatnya, kalsium yang seharusnya bisa terserap secara maksimal, karena merokok terserapnya justru menjadi lebih sedikit.

7. Hindari Minuman Beralkohol

Cara Mencegah Osteoporosis - Hand Refused Alcohol [susukambing.id]

Orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol akan lebih cepat mengalami pengeroposan tulang. Hal ini karena alkohol mengganggu proses penyerapan nutrisi dan meningkatkan risiko seseorang untuk jatuh dan cedera. Ini karena minuman alkohol terlalu banyak membuat kesadaran anda hilang setengah atau bahkan hilang sepenuhnya. Maka dari itu anda harus menghindari minuman beralkohol karena dapat membuat gejala osteoporosis terjadi lebih cepat.

Konsumsi Susu Kambing Etawa Naima

Susu Kambing Etawa Naima - susukambing.id

Untuk membantu mencegah osteoporosis, kami menyarankan anda untuk mengonsumsi Susu Kambing Etawa Naima. Karena Susu Kambing Etawa Naima terkandung banyak nutrisi yang bagus untuk dapat membantu mencegah osteoporosis. Sehingga jika anda mengonsumsi nya secara rutin, maka hal tersebut dapat membantu untuk menjaga kesehatan tulang anda agar tetap sehat, sehingga anda dapat terhindar dari risiko osteoporosis.

Didalam Susu Kambing Etawa Naima juga terdapat kandungan dan nutrisi penting seperti Madu, Propolis, dan Bee Pollen yang dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan. Sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan anda dan keluarga.

Sekian Artikel kali ini, semoga bermanfaat… Dan Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti kami di Facebook, Instagram, dan terus kunjungi kami di www.susukambing.id ya… Untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan dan juga informasi menarik seputar promo terbatas Susu Kambing Etawa Naima di waktu-waktu tertentu, jadi jangan lewatkan ya, untuk pemesanan silahkan klik disini.

Sebagian materi dan gambar dalam artikel ini dikutip dari Halodoc, health.kompas, hellosehat, Freepik, dan Aldodokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *