Cara Mengatasi Anemia Dengan Benar

Cara Mengatasi Anemia - susukambing.id

Anemia merupakan suatu kondisi medis dimana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen, sehingga membuat penderita anemia terlihat pucat dan mudah lelah. Gejala anemia tidak bisa dibiarkan begitu saja, dan harus segera diatasi. Tetapi untuk mengatasinya tidak boleh sembarangan. Anemia harus diatasi sesuai dengan apa yang menjadi penyebabnya. Lalu, bagaimana cara mengatasi anemia?

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab anemia, misalnya banyak kehilangan darah, produksi sel darah merah menurun, atau ada sel darah merah yang rusak. Masing-masing penyebab dapat menimbulkan gejala yang berbeda, sehingga penanganannya pun tentu berbeda. Anemia dapat terjadi sementara atau juga dapat terjadi dalam jangka panjang, dengan tingkat keparahannya bisa ringan dan bisa sedang. Hal ini terjadi ketika tubuh mengalami gangguan atau memiliki kelainan hematologi yang terjadi ketika kadar hemoglobin berada di bawah normal.

Baca juga : Cara Meningkatkan Antibodi Agar Sistem Imun Semakin Kuat

Cara Mengatasi Anemia

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengatasi anemia sesuai penyebabnya.

1. Konsumsi Zat Besi

Cara Mengatasi Anemia - Makanan Mengandung Zat Besi [susukambing.id]

 

Jika anemia itu terjadi karena kekurangan zat besi, maka cara mengatasi nya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi. Jenis anemia ini umum terjadi, terutama pada wanita yang mengalami menstruasi berat. Hal ini dikarenakan kurangnya zat besi yang ada didalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menghasilkan sel darah merah dalam jumlah yang cukup. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, anda yang mengalami anemia karena kekurangan zat besi disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi atau mengonsumsi suplemen zat besi.

2. Konsumsi Vitamin B12 dan Asam Folat

Makanan Mengandung Sumber Vit B12 & Asam Folat [susukambing.id]

Anemia juga dapat terjadi karena tubuh kekurangan vitamin B12 dan Asam Folat. Dua nutrisi ini merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk membuat sel darah merah yang sehat. Untuk mengatasi hal ini, anda diharuskan untuk memperbanyak makanan yang mengandung vitamin B12. Makanan yang mengandung vitamin B12 bisa anda temukan dalam Daging, Hati ayam, ikan, tiram, kerang, susu, keju, telur.

3. Mengonsumsi Probiotik

Makanan Mengandung Probiotik [susukambing.id]

Mengonsumsi probiotik sebenarnya tidak langsung memproduksi sel darah merah. Tetapi, mengonsumsi probiotik dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Jika organ pencernaan sehat terutama organ usus, hal tersebut dapat menjaga keefektifan dan ke efisienan untuk menyerap berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh dari makanan. Sehingga hal tersebut dapat membuat produksi sel darah merah tetap lancar, dengan begitu mengonsumsi probiotik dapat membantu proses pengobatan anemia. Berikut ini beberapa makanan sehat yang mengandung probiotik yang bisa anda konsumsi seperti yoghurt, acar, tempe, kimchi, sauerkraut, keju, dll.

4. Konsumsi Suplemen Penambah Darah

Suplemen Penambah Darah [susukambing.id]

Selain mengonsumsi makanan tinggi zat besi, cara mengatasi anemia lainnya adalah dengan mengonsumsi pil penambah darah. Pil ini bisa anda dapatkan di apotek ataupun supermarket. Dan biasanya, seseorang yang mengonsumsi pil penambah darah ini akan langsung merasakan efeknya seperti merasa lebih berstamina, tetapi tetap saja anda tidak diharuskan untuk ketergantungan pada pil tersebut.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Cara Mengatasi Anemia - Minum Banyak Air Putih [susukambing.id]

Walaupun jarang disebut sebagai cara mengatasi anemia, namun secara tidak langsung, mengonsumsi air putih dapat membantu penderita anemia menjadi lebih bugar dan segar. Maka dari itu, penuhilah asupan air putih minimal 8 gelas perhari setiap hari. Agar tubuh tetap terhidrasi dan juga supaya bisa meningkatkan produksi darah dalam tubuh.

6. Transfusi Darah

Transfusi Darah [susukambing.id]

Jika anemia yang dialami tersebut berat, maka cara mengatasi selanjutnya ialah dengan transfusi darah. Anemia yang memerlukan penanganan dengan transfusi darah ialah Anemia Hemolitik, Anemia aplastik, Anemia akibat perdarahan, anemia akibat penyakit kronis, dan Thalassemia. Tetapi, transfusi darah juga bukan obat paten untuk menangani anemia. Tindakan ini hanya meredakan gejala anemia saja, dan tidak serta merta mengobati anemia sepenuhnya.

7. Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin C

Makanan Mengandung Vitamin C [susukambing.id]

Perlu anda ketahui, bahwa makanan yang mengandung kandungan vitamin C seperti jeruk, nanas, brokoli, paprika, atau sumber makanan vitamin C lainnya dapat membantu memaksimalkan penyerapan zat besi pada tubuh. Jadi, dengan memperbanyak asupan vitamin C, maka dapat disebut juga sebagai salah satu cara mengatasu anemia yang cukup ampuh.

Untuk membantu mengatasi anemia, kami menyarankan anda untuk mulai mencoba mengonsumsi Susu Kambing Etawa Naima. Karena didalam Susu Kambing Etawa Naima terdapat nutrisi yang bagus untuk kesehatan darah agar tetap normal dan melancarkan aliran darah. Sehingga jika anda mengonsumsi nya secara rutin, maka hal tersebut dapat membantu untuk menjaga sistem peredaran darah anda agar tetap sehat.

Didalam Susu Kambing Etawa Naima juga terdapat kandungan dan nutrisi penting seperti Madu, Propolis, dan Bee Pollen yang dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan. Sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan anda dan keluarga.

Sekian Artikel kali ini, semoga bermanfaat… Dan Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti kami di Facebook, Instagram, dan terus kunjungi kami di www.susukambing.id ya… Untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan dan juga informasi menarik seputar promo terbatas Susu Kambing Etawa Naima di waktu-waktu tertentu, jadi jangan lewatkan ya, untuk pemesanan silahkan klik disini.

Sebagian materi dan gambar dalam artikel ini Alodokter, Hellosehat, Tirto.id, popbela, klikdokter, dan Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *