Cara Mengatasi Sakit Perut Secara Efektif

Cara Mengatasi Sakit Perut - susukambing.id

Sakit perut merupakan gangguan pencernaan yang umum terjadi. Gejala sakit muncul biasanya akan muncul secara mendadak. Dan ketika muncul gejala tersebut, tentunya hal itu sangat mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan. Rasa nyeri yang ditimbulkan sakit perut yaitu di area antara tulang iga dan tulang panggul, dan sensasi yang dirasakan ialah kram, mulas, dan rasa seperti tertusuk diperut. Lalu, bagaimana cara mengatasi sakit perut?

Sakit perut sering kali dipicu oleh gangguan pada organ didalam perut seperti lambung, hati, empedu, pankreas, limpa, usus, dan ginjal. Gangguan pada organ tersebut bisa bermacam-macam, dapat berupa peradangan, infeksi, atau penyumbatan. Tetapi terkadang juga Sakit perut bisa disebabkan oleh adanya gas berlebih didalam perut, Otot perut yang tertarik, dan gangguan pencernaan. Lokasi dari bagian perut yang sakit serta frekuensi sakit yang dirasakan dapat memperlihatkan penyebab yang berbeda-beda.

Baca juga : Susu Kambing Untuk Anak Balita Manfaatnya Tidak Kalah dengan Susu Sapi

Gejala Sakit Perut

Ketika gejala sakit perut muncul, sakit perut dapat menimbulkan rasa seperti kram, mulas, atau rasa seperti tertusuk, dengan tingkatan ringan hingga berat. Pada beberapa kondisi, rasa nyeri di perut dapat berpindah dari satu area ke area yang lainnya. Selain itu, sifat dan lamanya sakit perut juga bisa berbeda, seperti :

  • Muncul perlahan atau tiba-tiba.
  • Hilang timbul atau menetap.
  • berlangsung sebentar atau lama (hingga beberapa jam, bahkan beberapa hari).
  • Sakit berkurang atau bertambah pada posisi dan gerakan tertentu.

Cara Mengatasi Sakit Perut

Ketika anda mengalami sakit perut, anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasinya :

1. Mengompres Perut Dengan Air Hangat

Kehangatan dapat menjadi cara mengatasi sakit perut yang paling mudah dilakukan. Oleh karena itu, anda dapat menggunakan kompres air hangat atau anda juga dapat mandi dengan air hangat untuk melemaskan otot-otot perut yang menegang. Rasa hangat dapat membantu meringankan rasa mual dan sakit diperut. Setelah anda mandi dengan air panas dan jika rasa sakit masih terasa, anda bisa mengompres bagian perut anda dengan kain yang dibasahkan menggunakan air panas. Tempelkan kompres tersebut ke bagian perut dan ulangi sampai rasa nyeri di perut mereda.

2. Mengonsumsi Minuman Herbal

Untuk cara mengatasi sakit perut yang dapat anda lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan ramuan herbal. Anda bisa menggunakan jahe, kunyit, ataupun bahan herbal lainnya. Pada kali ini kita hanya akan membahas jahe. Karena khasiat jahe sudah terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, terutama sakit perut. Jahe merupakan bahan herbal yang memiliki kandungan yang berfungsi sebagai antiradang alami yang dapat membantu meredakan rasa nyeri. Untuk mengonsumsi nya, anda bisa merebus air panas lalu masukan jahe kedalam nya, anda juga bisa mencampurkan gula sebagai perasa.

3. Mengonsumsi Teh

Cara selanjutnya untuk mengatasi sakit perut ialah, dengan mengonsumsi teh. Selain menenangkan dan menghangatkan, mengonsumsi teh dapat menjadi pilihan alternatif untuk membantu mengatasi sakit perut. Anda bisa mencoba menyeduh teh chamomile ataupun teh peppermint karena keduanya dapat membantu mengurangi gas dalam perut yang menyebabkan rasa nyeri. Selain itu, teh chamomile dapat merekdakan rasa nyeri karena memiliki sifat anti-inflammatory atau anti-radang yang dapat meringankan rasa sakit dari otot yang tegang.

4. Melakukan Diet BRAT

Diet BRAT merupakan diet yang rendah serat dan terdiri dari makanan yang tidak terlalu padat serta memiliki daya serap tinggi. Diet BRAT terdiri dari pisang (banana), nasi (rice), saus apel (apple sauce), dan roti panggang (toast). Namun, secara garis besar, anda hanya perlu mengonsumsi makanan yang tidak berbumbu dan pedas serta memiliki kandungan serat yang rendah dan mudah dicerna oleh usus. Mengonsumsi makanan-makanana tersebut dapat membantu meringankan iritasi dari asam lambung.

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit perut. Namun, untuk membantu anda dalam mengatasi sakit perut, anda juga bisa dengan mengonsumsi Susu Kambing Etawa Naima, karena di dalamnya memiliki kandungan propolis, bee pollen, dan madu yang mana membuat susu kambing naima sangat baik dikonsumsi karena memiliki khasiat yang banyak.

Susu Kambing Etawa Naima juga sangat bagus untuk dikonsumsi sebagai minuman yang dapat memenuhi nutrisi untuk anda dan keluar agar senantiasa sehat.

Sekian saja Artikel kali ini semoga bermanfaat, Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti kami di Facebook, Instagram, dan terus kunjungi kami di www.susukambing.id ya… Untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan dan juga informasi menarik seputar promo terbatas Susu Kambing Etawa Naima di waktu-waktu tertentu, jadi jangan lewatkan ya, untuk pemesanan silahkan klik disini.

Sebagian materi dan gambar dalam artikel ini dikutip dari Alodokter, Sehatq, Halodoc, dan Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *