Cegah Kolesterol Dengan Hal Berikut

Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol merupakan jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroid adalah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon. Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron; semua hormon steroid ini terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. – Wikipedia

 

Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika terlalu banyak maka itu yang akan menjadi penyakit bagi tubuh kita. Apa saja yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit kolesterol datang ke tubuh kita? Yuk simak tips tips berikut untuk membantu mencegah penyakit kolesterol datang.

1. Jaga Pola Hidup Sehat

Gaya hidup seperti cara makan dan olahraga adalah hal yang dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol. Gaya hidup tidak sehat sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita terutama tingkat kadar kolesterol kita

Batasi makanan yang mengandung minyak seperti gorengan, daging berlemak, mentega dan lainnya. Selain itu, lakukanlah olahraga secara rutin.

Orang yang memiliki LDL tinggi biasanya memiliki berat badan yang berlebihan. Dengan olahraga dan makan yang teratur untuk menurunkan berat badan, maka kadar LDL dan HDL pun akan turun.
Lipoprotein densitas rendah (LDL) adalah golongan lipoprotein yang bervariasi dalam ukuran dan isi, serta berfungsi mengangkut kolesterol, trigliserida, dan lemak lain dalam darah ke berbagai bagian tubuh.

 

2. Hindari Semua Asap Rokok

Rokok bukan rahasia lagi menjadi sarang dari berbagai macam penyakit. Bisa dibayangkan lebih dari ribuan racun yang terkandung dalam sebatang rokok yang siap memasukkan penyakit ke dalam penghisap asapnya, efek terburuk dirasakan oleh perokok pasif, yaitu perokok yang tidak merokok batang rokok namun menghisap asap rokok yang dikeluarkan oleh perokok aktif. Dan asap yang dikeluarkan oleh perokok aktif tentu lebih berbahaya bagi perokok pasif karena asap yang dikeluarkan oleh perokok aktif mengandung racun yang dibawa dari perokok aktiv. Sehingga dampak buruk perokok aktif lebih berbahaya ke orang di sekitarnya.

Kandungan di dalam rokok dapat menyebabkan penurunan HDL di dalam tubuh yang mengakibatkan LDL terus meningkat. Maka dari itu kita perlu menghindar dari segala macam asap rokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *