Kekurangan Gizi Pada Anak

Salah satu masalah pada pertumbuhan anak yang kita jumpai adalah kurangnya gizi pada anak. Kekurangan gizi pada anak sering kita jumpai pada anak yang berat badan nya kurang secara gizi bukan genetik, tinggi badan yang kurang, tubuh yang rentan penyakit. Langkah apa saja yang kita lakukan untuk mencegah anak kurang gizi ?

Kurang Gizi Pada Anak

Informasi dari Times Now News, anak bisa dikatakan kekurangan gizi ketika jumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dibawah batas optimal. Kekurangan nutrisi bisa disebabkan anak mengkonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang tidak banyak,faktor nya pun beragam bisa dari ekonomi, cuaca, hingga musibah.  Menurut WHO, kekurangan nutrisi dapat diartikan kelebihan atau kekurangan, tidak selalu kekurangan. Bisa jadi nutrisi di tubuh kurang seimbang.

Baca Juga : Manfaat Susu Kambing Etawa Naima

Istilah kekurangan atau malnutrisi dikarakteristikkan menjadi dua kelompok besar yakni kurang gizi atau kelebihan berat badan. Salah satu tanda kekurangan gizi adalah stunting (tinggi badan rendah untuk usia), berat badan rendah untuk tinggi badan, kekurangan berat badan (berat badan rendah untuk usia) dan defisiensi mikronutrien, kelebihan berat badan, atau obesitas ditandai dengan penyakit tidak menular terkait diet seperti penyakit jantung, diabetes, risiko stroke dan kanker. Kekurangan gizi merupakan masalah yang besar di dunia ini.

Berdasarkan keterangan dari WHO, kurang lebih lebih 41 juta anak di bawah umur lima tahun mempunyai berat badan yang berlebih atau dinamakan obesitas, sedangkan sekitar 159 juta terhambat, dan 50 juta berat badan rendah tinggi badan. Kekurangan Gizi Pada Anak menjadi situasi kesehatan serius yang dihadapi oleh orang-orang di dunia ini. Sementara beberapa besar, anak-anak di negara miskin, berkembang, atau tidak cukup berkembang menghadapi masalah gizi buruk, anak-anak di negara-negara kaya menderita masalah gizi buruk seperti obesitas pada masa kanak-kanak.

Anda dapat mengurangi resiko kekurangan gizi pada anak dengan hal berikut :

1. Jangan Asal Memberi Makanan.

Makanan merupakan salah satu unsur penting dari setiap manusia. Pasalnya setiap makanan yang kita makan akan diolah oleh tubuh untuk di distribusikan ke seluruh bagian tubuh secara merata. Jika makanan yang kita makan tidak mengandung manfaat yang banyak bagi tubuh, sebaiknya dihindari. Berilah makan ke anak anda yang sehat sehat saja, karena sistem pertahanan tubuh pada anak masih sangat lemah. Berikan nutrisi yang cukup pada anak anda secara optimal

2. Rutinkan Olah Raga Untuk Anak Anda.

Kekurangan gizi pada anak faktornya tidak hanya dari makanan. Dari faktor kegiatan fisik pun berpengaruh. Jika anak anda terlalu banyak makanan berlemak jenuh, namun jarang berolahraga, disitulah masalah gizi mulai muncul. Bisa kekurangan gizi atau kelebihan zat yang kurang bermanfaat bagi tubuh anak, dan akhirnya mengendap di dalam tubuh anak anda. Olahraga sangat penting untuk menjaga kadar lemak pada tubuh stabil, menjaga kesehatan jantung, dan organ vital lainnya. Jadi jangan lupakan olah raga minimal 1 kali dalam seminggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *