Macam Macam Gangguan Pernapasan

Macam Macam Gangguan Pernapasan - susukambing.id

Sistem Pernapasan merupakan salah satu proses penting yang menunjang kehidupan. Pasalnya, dengan bernapas tubuh akan memperoleh oksigen yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi. Hal ini sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup. Normalnya manusia bernapas setidaknya 12-20 kali tiap menit. Namun ada kalanya pernapasan kita terganggu sehingga napas menjadi terasa sulit, tidak nyaman, atau tidak dapat bernapas sama sekali. Lalu, Apa saja macam macam gangguan pernapasan?

Pernapasan merupakan proses pertukaran udara yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sistem ini bekerja dengan cara menyaring udara sehingga memberikan oksigen bagi tubuh. Produk buangan dari sistem respirasi tersebut berupa karbondioksida dikeluarkan saat menghembuskan napas. Sistem respirasi juga berfungsi menyesuaikan suhu dan kelembapan tubuh dengan udara sekitar.

Baca juga : Pertahankan Imunitas Diri Agar Tidak Mudah Sakit dengan Minum Susu Kambing Naima

Macam Macam Gangguan Pernapasan

Macam Macam Gangguan Pernapasan [susukambing.id]

Ketika salah satu sistem pernapasan terganggu, maka hal tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah dan membuat bernafas menjadi susah. Berikut ini beberapa gangguan pernapasan :

1. Flu (Influenza)

Penyakit influenza disebabkan oleh virus dan mudah sekali menular. Penularan ini bisa melalui kontak langsung ke cairan yang keluar dari penderita saat batuk atau bersin. ketika anda mengalami flu, hidung akan dipenuhi lendir sehingga hal tersebut dapat mengganggu pernapasan.

2. Asma

Penyakit Asma merupakan gangguan pernapasan yang disebabkan oleh peradangan atau penyempitan saluran pernapasan. Penyakit ini bersifat kambuhan dan bisa berlangsung dalam jangka panjang. Keluhan yang dirasakan biasanya ialah rasa sesak didada, sesak napas, nyeri dada dan disertai batuk-batuk, dan bengek.

3. Pneumonia

Pneumonia atau disebut juga dengan radang pada paru-paru, merupakan peradangan akibat infeksi virus atau bakteri sehingga menimbulkan infeksi atau peradangan pada paru-paru. Batuk berdahak, demam, dan sesak napas ialah gejala umum dari penyakit tersebut. Pneumonia juga bisa menyebabkan penderitanya mengeluarkan dahak kental yang bercampur darah.

4. Penyakit Paru Obstruktif Kronis

PPOK atau saluran paru obstruktif kronis adalah jenis penyakit yang ditandai dengan peradangan pada saluran pernapasan. Penyebabnya bisa karena paparan asap rokok (baik perokok aktif maupun pasif), polusi udara, debu, atau asap pembakaran limbah kimia dalam jangka panjang. Jenis penyakit paru ini bersifat progresif, dan biasanya akan semakin memburuk seiring berjalannya waktu, terutama jika tidak mendapat penanganan yang tepat. Gejala yang muncul biasanya berupa sesak napas, bengek, batuk berdahak, kelelahan, nyeri dada, penurunan Berat Badan, sampai pembengkakan area tertentu.

5. Bronkitis

Bronkitis ialah gangguan pernapasan yang diakibatkan oleh infeksi pada saluran paru-paru. Infeksi inilah yang menyebabkan terganggunya pernapasan, seperti sesak napas, napas pendek, nyeri dada, serta mual dan muntah. Penyakit gangguan pernapasan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti merokok, tidak mendapat vaksin influenza atau pneumonia, kontak dengan debu dan bahan kimia berbahaya, dan sebagainya.

6. ISPA

ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut merupakan penyakit yang menyerang organ saluran pernapasan, dari hidung sampai paru-paru. Penyebab utamanya biasanya adalah virus atau bakteri yang menyebar lewat udara. Gejala yang umum disarankan adalah demam, batuk-batuk, sesak napas, sakit kepala, hidung tersumbat, nyeri tenggorokkan, hingga nyeri otot. ISPA bisa dialami oleh siapa saja, dari bayi atau anak-anak sampai orang dewasa.

7. Kanker Paru-paru

Diantara semua jenis penyakit gangguan pernapasan, Kanker Paru-paru mungkin merupakan penyakit pernapasan paling berbahaya. Penyakit ini muncul karena faktor genetik, paparan bahan kimia berbahaya, atau kebiasaan merokok. Perokok pasif juga sama berisikonya mengidap kanker paru-paru. Orang yang mengidap kanker paru-paru akan merasakan gejala-gejala seperti sesak napas, batuk kronis disertai darah, suara serak, tubuh lemas, nyeri dada, serta berat badan yang turun secara drastis.

Penyakit Gangguan Pernapasan bukanlah penyakit yang bisa anda sepelekan, pasalnya penyakit ini membutuhkan perawatan dan pengobatan segera. Oleh karena itu, anda bisa mencoba untuk mengonsumsi Susu Kambing Etawa Naima untuk membantu anda mengobati berbagai masalah gangguan pernapasan.

Susu Kambing Etawa Naima - susukambing.id

Karena Susu Kambing Etawa Naima mengandung Propolis, Madu, dan Bee Pollen yang mana hal tersebut bagus dan dapat menambah rasa dan khasiat nya semakin bagus untuk dikonsumsi untuk kesehatan anda dan keluarga.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti kami juga di Facebook, Instagram, dan juga terus kunjungi kami di www.susukambing.id ya… Untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan dan juga informasi menarik seputar promo terbatas Susu Kambing Etawa Naima di waktu-waktu tertentu, jadi jangan lewatkan ya, untuk pemesanan silahkan klik disini.

Sebagian materi dan gambar dalam artikel ini dikutip dari Alodokter, blog.Kitabisa.com, Halodoc, dan Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *