Makanan Sehat Tinggi Kalsium Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Makanan Sehat Tinggi Kalsium - susukambing.id

Kalsium merupakan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yang mana bermanfaat untuk pertumbuhan tulang serta gigi. Maka dari itu, mengonsumsi makanan tinggi kalsium sangatlah penting guna menunjang kesehatan anda. Selain untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga diperlukan untuk mendukung kerja sistem saraf, pembekuan darah, dan konstraksi otot. Kalsium bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan sehat tinggi kalsium. Lalu, Apa saja makanan makanan tersebut?

Sebelum membahas lebih dalam tentang makanan berkalsium tinggi, penting untuk diketahui bahwa jumlah asupan kalsium harian pada setiap orang berbeda, tergantung pada usia dan jenis kelaminnya. Umumnya, jumlah asupan kalsium yang disarankan untuk kelompok usia dewasa adalah 1000 mg per hari. Sedangkan jumlah asupan kalsium yang disarankan untuk wanita diatas 50 tahun dan pria diatas 70 tahun adalah 1.200 mg per hari. Untuk anak-anak berusia 9-18 tahun, jumlah yang dianjurkan adalah 1.300 mg kalsium per hari.

Baca juga : Turunkan Kolesterol Jahat dengan Minum Susu Kambing Etawa Naima

Makanan Sehat Tinggi Kalsium

Makanan berkalsium tinggi bisa dengan mudah anda dapatkan dari produk olahan susu. Pasalnya kalsium pada produk olahan susu dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Berikut ini makanan makanan tinggi kalsium yang sangat baik untuk dikonsumsi :

1. Susu

Makanan Sehat Tinggi Kalsium - Milk 1 [susukambing.id]

Semua jenis susu, terutama susu rendah lemak dan susu tanpa lemak, menjadi sumber kalsium yang sangat baik. Susu sapi dan susu kambing adalah sumber kalsium terbaik dari produk susu maupun olahannya. Kandungan kalsium dalam susu sapi bisa beragam antara 276-352 mg tergantung jenisnya, apakah susu tersebut susu biasa, ataupun susu rendah lemak. Sedangkan kalsium dalam secangkir susu kambing diperkirakan sebanyak 327 mg. Jumlah tersebut setara dengan 27-35 persen dari kebutuhan kalsium harian yang disarankan. Selain sebagai sumber kalsium, susu juga merupakan sumber protein, vitamin A, dan vitamin D.

2. Keju

Various Cheese [susukambing.id]

Hampir semua jenis keju seperti mozarella, cheddar, dan parmesan, merupakan sumber makanan berkalsium tinggi. Namun dibanding keju lainnya, kandungan kalsium pada keju parmesan cenderung lebih tinggi. Setiap 30 gram keju parmesan terdapat kalsium sekitar 330 miligram, atau setara 33 persen asupan kalsium harian yang disarankan.

3. Tahu

Tofu [susukambing.id]

Tahu merupakan makanan tinggi kalsium berikutnya. Di ketahui mengandung kalsium dalam jumlah yang sangat tinggi. Kalsium yang terkandung didalam tahu sebanyak 86 persen dari RDI. Bahkan kandungan kalsium yang begitu tinggi tersebut bisa didapatkan dari semangkuk tahu dengan berat 126 gram saja.

4. Ikan Sarden dan Salmon

Sardines [susukambing.id]

Ikan salmon dan sarden kalengan mengandung kalsium yang sangat tinggi lantaran tulangnya yang juga dapat konsumsi. Saru kaleng sarden 3,75 ons (92 gram) mengemas sebanyak 35 persen dari rekomendasi asupan harian, dan 3 ons (85 gram) salmon kalenga dengan tulang memiliki 21 persen rekomendasi asupan harian kalsium.

5. Yoghurt

Yoghurt [susukambing.id]

Yoghurt juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik untuk dikonsumsi. Tak hanya kalsium, yoghurt juga mengandung bakteri probiotik hidup yang memiliki berbagai manfaat kesehatan, terutama untuk menjaga metabolisme tubuh. Yoghurt juga diduga berkaitan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Dan Yoghurt yang rendah lemak mengandung kalsium lebih tinggi. Satu cangkir yoghurt mengandung 45 persen dari kebutuhan kalsium yang disarankan.

6. Sayuran Hijau

Makanan Sehat Tinggi Kalsium - Sayuran Hijau [susukambing.id]

Tidak hanya produk susu yang mengandung kalsium, beberapa jenis sayuran hijau juga merupakan makanan sumber kalsium tinggi. Dan tentu saja mengonsumsi sayuran tinggi kalsium sangat dikonsumsi guna meningkatkan daya tahan tubuh. Jenis sayuran hijau yang mengandung kalsium tinggi tersebut diantaranya ialah bayam, sawi hijau, dan kangkung. Dalam satu mangkuk (190 gr) sawi hijau yang sudah dimasak terlebih dahulu memiliki kandungan kalsium sebanyak 266 mg atau seperempat dari asupan kalsium harian yang anda butuhkan.

7. Kacang Almond

Almond [susukambing.id]

Makanan yang mengandung kalsium tinggi selanjutnya adalah kacang almond. Dari banyak nya jenis kacang-kacangan, almond merupakan jenis dengan kandungan kalsium yang paling tinggi. sekitar 22 butir kacang atau setara satu ons kacang almond mengandung kurang lebih 8 persen dari kebutuhan kalsium yang disarankan. Dalam setiap ons-nya kacang almond juga mengandung sebanyak 3 gram serat, protein serta lemak baik. Dengan mengonsumsi kacang almond juga mampu membuat anda untuk menurunkan kadar tekanan darah, lemak serta faktor risiko penyakit lainnya.

Konsumsi Susu Kambing Etawa Naima

Susu Kambing Etawa Naima - susukambing.id

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi Susu Kambing Etawa Naima untuk membantu anda dalam melengkapi kebutuhan asupan kalsium harian anda. Karena Susu Kambing Etawa Naima memiliki banyak sekali kandungan kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kandungan kalsium dalam susu kambing yang efektif untuk membantu meningkatkan kesehatan tulang agar terhindar dari pengeroposan tulang.

Susu Kambing Etawa Naima juga mengandung Propolis, Madu, dan Bee Pollen yang mana Hal tersebut dapat menambah rasa dan khasiat nya semakin bagus dikonsumsi untuk kesehatan anda dan keluarga.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengikuti kami juga di Facebook, Instagram, dan juga terus kunjungi kami di www.susukambing.id ya… Untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan dan juga informasi menarik seputar promo terbatas Susu Kambing Etawa Naima di waktu-waktu tertentu, jadi jangan lewatkan ya, untuk pemesanan silahkan klik disini.

Sebagian materi dan gambar dalam artikel ini dikutip dari Alodokter, Health.kompas, Sehatq, Merdeka.com, dan Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *