Makanan Sehat Untuk Anak

Makanan Sehat Untuk Anak - susukambing.id

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat dan terpenuhi gizinya. Untuk memenuhi gizi tersebut, maka orang tua diharuskan untuk selalu memberikan makanan yang sehat dan bergizi. Dengan terpenuhi gizinya, risiko anak terserang penyakit akan berkurang, karena daya tahan tubuhnya terjaga. Oleh karena itu, anda harus mulai memilah mana makanan yang baik dikonsumsi untuk anak, dan mana yang kurang baik. Lalu, apa sajakah makanan sehat untuk anak?

Anak-anak terkadang selalu ingin makan apa saja makanan yang terlihat enak di mata mereka. Hal tersebut membuat para orang tua merasa cemas jika anak-anak memakan jajanan dijalanan. Maka dari itu, orang tua diharuskan untuk menanamkan kebiasaan untuk selalu makan makanan yang sehat dan menghindari makanan-makanan yang kurang sehat.

Selain itu, anda juga harus pintar dalam memilih berbagai macam makanan sehat, jika ingin kebutuhan nutrisi anak terpenuhi dengan baik. Selain memberikan makanan utama, anda juga bisa memberikan cemilan sehat untuk anak, agar anak tidak jajan makanan sembarangan di jalanan.

Baca juga : Cara Menyehatkan Kulit | Susu Kambing Naima

Makanan Sehat Untuk Anak

Demi mencukupi kebutuhan gizi anak, yang mana hal tersebut sangat penting untuk tumbuh kembangnya. Maka pemberian makanan sehat bagi anak membantu mendukung perkembangan koginitif serta perkembangan fisik anak. Namun, anda juga diharuskan memperhatikan sumber makanan tersebut. Berikut ini sumber makanan sehat untuk anak yang bisa anda berikan untuk anak di menu makanan hariannya :

1. Makanan Sumber Karbohidrat

Makanan Sumber Karbohidrat [susukambing.id]

Makanan sehat untuk anak yang pertama ialah makanan sumber karbohidrat. Mengapa karbohidrat? Karena karbohidrat merupakan salah satu sumber energi utama untuk otak yang diperlukan dalam berbagai proses metabolisme. Hal ini dikarenakan, ketika karbohidrat masuk ke dalam tubuh, karbohidrat akan langsung diubah menjadi glukosa atau gula darah. Lalu, glukosa tersebutlah yang bertugas sebagai penghasil energi untuk seluruh kerja organ, sel, serta jaringan tubuh.

Oleh karena itu, mencukupi asupan karbohidrat untuk anak sangatlah penting untuk memberikannya energi setiap harinya. Ada dua jenis karbohidrat sebagai sumber makanan sehat untuk anak, yaitu karbohidrat simpleks dan karbohidrat kompleks. Keduanya memiliki sumber makanan yang berbeda diantaranya sebagai berikut.

  • Karbohidrat Simpleks : Gula merah, gula pasir, madu, permen, soda, kue dll.
  • Karbohidrat Kompleks : Gandum, pasta, kacang-kacangan, kentang, roti, nasi, serta beberapa jenis sayuran dan buah-buahan.

2. Makanan Sumber Protein

Makanan Sumber Protein 2 [susukambing.id]

 

Makanan sumber protein sangat bagus untuk dikonsumsi oleh anak. Karena, selain sebagai zat pembangun yang utama, protein juga berfungsi untuk menggantikan sel dan jaringan yang rusak. Anak-anak membutuhkan protein sebagai salah satu sumber makanan sehat untuk mendukung tumbuh kembang nya. Ada dua jenis protein yang bisa anda berikan untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anak, yaitu protein hewani dan nabati. Berikut ini sumber protein hewani dan sumber protein nabati.

  • Protein Hewani : Daging merah, daging ayam, ikan, telur, susu, dan produk olahan susu seperti keju serta yoghurt.
  • Protein Nabati : Kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, tempe, oncom, gandum, dan oat.

3. Makanan Sumber Lemak Baik

Sumber makanan Magnesium & Zinc [susukambing.id]

Hampir sekitar 60 persen otak manusia terdiri dari lemak. Itu sebabnya, lemak manusia merupakan satu molekul penting yang sebaiknya ada di dalam sumber makanan sehat untuk anak. Asam lemak omega-3 contohnya dapat membantu mengembangkan otak pada bayi dan anak. Meski begitu, anda tetap saja tidak boleh memberikan asupan lemak secara berlebihan. Dan juga perlu anda ketahui bahwa lemak terbagi menjadi dua kelompok yaitu lemak baik dan lemak jahat. Sumber makanan dengan kandungan lemak baik meliputi kacang-kacangan, buah alpukat, minyak zaitun, minyak canola, biji-bijian, ikan dan telur. Sedangkan lemak jahat terdiri atas lemak trans, lemak jenuh, meliputi gorengan, santan, makanan cepat saji, serta makanan kemasan.

4. Makanan Sumber Vitamin dan Mineral

Makanan Sehat Untuk Anak - Menerapkan Pola Makan Sehat [susukambing.id]

Makanan sumber vitamin dan mineral sangat bagus untuk anak. Karena Mineral dan vitamin adalah sumber zat mikro yang juga harus ada didalam menu makan hariannya. Vitamin dan mineral dapat membantu mendukung fungsi otak, perkembangan organ, saraf pusat, hingga otot. Berbagai piluhan sumber makanan yang bisa anda berikan pada anak mencakup sayur, buah-buahan, makanan, hewani, tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

5. Makanan Sumber Serat

Makanan Sehat Untuk Anak - Kaya Akan Serat [susukambing.id]

Jika ingin menyajikan sepiring menu makanan bergizi untuk anak, jangan lupa menyertakan sumber serat didalamnya. Pasalnya, serat bermanfaat untuk melancarkan kerja sistem pencernaan, menormalkan gula darah, mencegah berbagai penyakit jantung, sekaligus mempertahankan berat badan ideal. Bukan hanya itu saja, sumber makanan sehat untuk anak yang satu ini juga bisa membuatnya merasa kenyang lebih lama. Berikut ini berbagai pilihan makanan sumber serat yakni sebagai berikut : Sayur, buah, kacang-kacangan seperti kacang kedelai, sereal gandum utuh, pasta dengan campuran gandum utuh, roti gandum utuh.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak anda, kami menyarankan anda untuk mencoba memberikan Susu Kambing Etawa Naima. Karena didalam Susu Kambing Etawa Naima terdapat nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Sehingga jika anda mengonsumsi nya secara rutin, maka hal tersebut dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh anak anda agar tetap sehat.

Susu Kambing Etawa Naima - susukambing.id

Didalam Susu Kambing Etawa Naima juga terdapat kandungan dan nutrisi penting seperti Madu, Propolis, dan Bee Pollen yang dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan. Sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan anda dan keluarga.

Sekian Artikel kali ini, semoga bermanfaat… Dan Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti kami di Facebook, Instagram, dan terus kunjungi kami di www.susukambing.id ya… Untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan dan juga informasi menarik seputar promo terbatas Susu Kambing Etawa Naima di waktu-waktu tertentu, jadi jangan lewatkan ya, untuk pemesanan silahkan klik disini.

Sebagian materi dan gambar dalam artikel ini Alodokter, Halodoc, Hellosehat, dan Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *