Makanan Sumber Probiotik Yang Baik Untuk Kesehatan Pencernaan

Makanan Sumber Probiotik - susukambing.id

Probiotik merupakan bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Paslnya, Probiotik dapat menyeimbangkan komposisi bakteri didalam tubuh sehingga dapat terkontrol dengan baik. Jika bakteri didalam tubuh tidak seimbang, maka hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya berbagai gangguan kesehatan, terutama di sistem pencernaan anda. Lalu, untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya anda mulai untuk mengonsumsi makanan sumber probiotik untuk menyeumbangkan bakteri dalam tubuh anda.

Mengonsumsi probiotik dapat membantu sistem pencernaan anda dalam mencerna makanan. Maka dari itu, mengonsumsi makanan probiotik sangat disarankan untuk anda. Bakteri diusus jika tidak seimbang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pencernaan. Nah, dengan adanya probiotik, hal tersebut dapat di atasi.

Baca juga : Manfaat Propolis Untuk Kesehatan Yang Terkandung Dalam Susu Kambing Naima

Makanan Sumber Probiotik

Berikut ini beberapa makanan yang dikenal sebagai sumber probiotik paling baik, dan akan lebih baik bila anda mengonsumsi makanan berikut setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh anda dan kesehatan pencernaan anda :

1. Tempe

Makanan Sumber Probiotik - Soybeans Tempe [susukambing.id]

Tempe adalah makanan yang kaya akan probiotik yang berasal dari Indonesia. Makanan ini merupakan makanan yang paling sering di konsumsi oleh masyaratak indonesia dan sudah jadi menu makanan sehari-hari. Tempe berasal dari kacang kedelai yang difermentasi. Selain kaya akan probiotik, tempe juga mengandung protein dan vitamin B12 yang biasanya sering ditemukan pada produk daging dan susu. Oleh karena itu, tempe bisa menjadi pilihan makanan probiotik untuk anda yang sedang menerapkan pola makan vegetarian.

2. Yoghurt

Makanan Sumber Probiotik - Yoghurt [susukambing.id]

Yoghurt merupakan makanan sumber probiotik yang paling populer dan banyak disukai oleh orang, selain enak dan mudah didapat yoghurt juga bisa anda buat sendiri. Makanan fermentasi ini mengandung probiotik yang cukup tinggi sehingga yoghurt ini dapat digunakan sebagai makanan untuk memperkuat saluran pencernaan. Yoghurt merupakan susu yang ditambah dengan probiotik seperti lactobacillus atau acidophilus.

3. Kimchi

Kimchi [susukambing.id]

Kimchi merupakan jenis makanan probiotik dalam bentuk olahan sayuran yang difermentasi. Makanan ini terbuat dari sayuran-sayuran seperti sawi, kubis, dan wortel ditambah bawang putih, garam dan lada sehingga hal tersebut membuat kimchi memiliki rasa yang asin, asam, sekaligus pedas. Selain mengandung probiotik yang bermanfaat, kimchi juga mengandung beta carotene, kalsium, zat besi, dan berbagai vitamin seperti A, C, B1, dan B2.

4. Sauerkraut

Sauerkraut [susukambing.id]

Makanan probiotik selanjutnya ialah sauerkraut, yaitu asinan asal jerman yang terbuat dari sayuran yang difermentasi oleh bakteri asam laktat seperti Leuconostoc, Lactobacillus, dan Pediococcus. Sauerkraut terbuat dari sayuran kubis, wortel dan bumbu-bumbu yang difermentasi. Menurut penelitian, mengonsumsi satu porsi sauerkraut setiap hari dapat mengurangi kecemasan, hal ini dikarenakan sauerkraut dapat memicu produksi hormon serotonin yang bisa membuat kita tenang. Tidak hanya itu, sauerkraut juga merupakan sumber vitamin, serat, dan zat besi.

5. Keju Parmesan

Parmesan Cheese [susukambing.id]

Makanana tinggi probiotik selanjutnya adalah keju parmesan. Keru parmesan merupakan keju fermentasi yang mengandung bakteri asam laktat yang dapat menciptakan probiotik untuk membuat usus kamu lebih sehat. Selain itu, keju juga mengandung nutrisi penting seperti protein dan kalsium.

6. Keju Cottage

Cottage Cheese [susukambing.id]

Makanan Fermentasi selanjutnya ialah keju cottage yang mana keju jenis ini merupakan keju pilihan terbaik untuk membantu menjaga kesehatan perut. Layaknya makanan fermentasi lainnya, keju Cottage juga memberikan probiotik, tinggi kalsium, dan juga penting untuk pertumbuhan tulang yang kuat.

Sekian saja Artikel kali ini semoga bermanfaat, Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan anda ya…

Susu Kambing Etawa Naima - susukambing.id

Untuk membantu menjaga kesehatan anda, kami sarankan anda untuk mulai mengonsumsi Susu Kambing Etawa Naima, karena didalam Susu Kambing Etawa Naima terdapat kandungan Madu, Propolis, dan Bee Pollen yang dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan.

Dan Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti kami di Facebook, Instagram, dan terus kunjungi kami di www.susukambing.id ya… Untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan dan juga informasi menarik seputar promo terbatas Susu Kambing Etawa Naima di waktu-waktu tertentu, jadi jangan lewatkan ya, untuk pemesanan silahkan klik disini.

Sebagian materi dan gambar dalam artikel ini dikutip dari Hellosehat, id.theasianparent, idntimes, liputan6, dan Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *