Manfaat Kalsium Bagi Tubuh

Manfaat Kalsium Bagi Tubuh - susukambing.id

Kalsium merupakan nutrisi yang paling penting untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi. Tetapi, sebenarnya manfaat kalsium tidak hanya itu saja, masih ada manfaat lain kalsium yang tidak kalah penting untuk kesehatan tubuh. Yaitu untuk mendukung kerja sistem saraf, pembekuan darah, dan kontraksi otot. Dan kalsium adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan tubuh dari usia anak-anak sampai usia tua.

Kalsium bisa anda dapatkan dari beberapa jenis makanan, seperti susu dan produk olahannya (seperti keju, yoghurt dll), sayuran hijau, sarden, serta salmon. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk selalu memenuhi asupan kalsium harian anda. Karena, jika tubuh anda kekurangan kalsium, maka hal tersebut dapat memicu timbulnya berbagai penyakit seperti rakitis, osteoporosis, serta osteomalacia.

Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Kalsium Bagi Tubuh

Berikut ini merupakan manfaat-manfaat kalsium yang berguna bagi tubuh :

1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kalsium dalam tubuh manusia hampir seluruhnya tersimpan di dalam tulang dan gigi. Maka dari itu, kalsium disebut sebagai nutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Kalsium akan terus memperkuat kepadatan tulang, sampai anda menginjak usia 20-25 tahun. Setelah itu, kepadatan tulang akan menurun. Namun, kalsium akan tetap menjaga serta memperlambat proses terjadinya osteoporosis. Kekurangan kalsium sebelum menginjak usia 20-25 tahun, dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit osteoporosis dikemudian hari. Maka dari itu, pastikan anda untuk selalu mencukupi asupan kalsium hariannya ya.

2. Membantu Mengatur Kontraksi Otot

Selain untuk menyehatkan tulang, kalsium juga berperan dalam kontraksi otot. Berdetaknya jantung ialah salah proses kontraksi otot yang didukung oleh kalsium. Ketika saraf merangsang otot, maka kalsum pun akan dilepaskan. Akibatnya, protein dalam otot dapat berkontraksi. Dan selanjutnya, otot akan kembali rileks, saat kalsium dipompa keluar dari otot.

3. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Kalsium juga dapat membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh untuk menghasilkan energi dan memperkuat sistem imun tubuh, sehingga anak dapat terhindar dari berbagai penyakit. Anak-anak yang kekurangan kalsium biasanya akan terlihat lemah, lesu, sering berkeringat, mengalami nyeri perut, kram otot, dan susah tidur.

4. Kalsium Berperan Dalam Proses Pembekuan Darah

Nutrisi kalsium juga memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah. Proses rumit ini melibatkan beragam unsur kimia. Dan kalsium pun menjadi salah satu unsur kimia, yang bertanggung jawab dalam proses pembekuan darah tersebut. Dalam proses ini, kalsium dibantu oleh Vitamin K dan protein bernama fibrinogen, untuk menutup dan memulihkan luka. Jika kadar kalsium dan vitamin K tidak mencukupi, maka perdarahan yang cukup parah pun bisa terjadi.

5. Membantu Perkembangan Janin di dalam Kandungan

Kalsium sangat bermanfaat, untuk ibu yang sedang hamil. Sebab, kalsium dapat memperkuat tulang dan gigi janin yang sedang tumbuh dan berkembang dalam kandungan. Selain itu, kalsium juga membantu pembentukan jantung, saraf, dan otot yang sehat milik sang janin. Tidak hanya itu, manfaat kalsium lainnya adalah untuk membantu pembentukan detak jantung normal, serta kemampuan pembekuan darah milik janin.

Untuk membantu memenuhi nutrisi kalsium harian anda, kami menyarankan anda untuk mulai mencoba mengonsumsi Susu Kambing Etawa Naima. Karena didalam Susu Kambing Etawa Naima terdapat nutrisi kalsium yang bagus untuk membantu menyehatkan tulang anda agar tetap sehat. Sehingga jika anda mengonsumsi nya secara rutin, maka hal tersebut sangat bagus untuk membantu tubuh anda agar tetap sehat.

Susu Kambing Etawa Naima - susukambing.id

Didalam Susu Kambing Etawa Naima juga terdapat kandungan dan nutrisi penting seperti Madu, Propolis, dan Bee Pollen yang dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan. Sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan anda dan keluarga.

Sekian Artikel kali ini, semoga bermanfaat… Dan Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti kami di Facebook, Instagram, dan terus kunjungi kami di www.susukambing.id ya… Untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan dan juga informasi menarik seputar promo terbatas Susu Kambing Etawa Naima di waktu-waktu tertentu, jadi jangan lewatkan ya, untuk pemesanan silahkan klik disini.

Sebagian materi dan gambar dalam artikel ini dikutip dari Alodokter, Halodoc, Hellosehat, Merdeka, Sehatq, dan Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *