Manfaat Konsumsi Makanan Probiotik

Manfaat Konsumsi Makanan Probiotik - susukambing.id

Produk Makanan atau minuman yang mengandung probiotik sudah makin dikenal oleh orang-orang manfaatnya. Probiotik itu adalah mikroorganisme hidup dan termasuk bakteri. Tetapi bakteri yang dimaksud ialah bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan pencernaan. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan pencernaan, anda disarankan untuk mulai mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Lalu, Apa saja manfaat konsumsi makanan probiotik?

Berbeda dengan bakteri yang sering disebut sebagai penyebab penyakit, probiotik justru merupakan bakteri atau jamur yang dapat mendukung sistem pencernaan, sistem kekebalan tubuh, serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. Di dalam tubuh manusia sebenarnya terdapat beragam jenis bakteri, yaitu bakteri yang baik dan bakteri yang buruk. Di dalam usus probiotik bekerja untuk mencegah bakteri buruk berkembang, sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

Baca juga : Cara Mencegah Diabetes | Susu Kambing Etawa Naima

Fungsi ini dibantu oleh probiotik dalam usus yang akan memberi sinyal pada tubuh terhadap adanya bakteri yang buruk, membantu produksi sel imun, dan mencegah pertumbuhan bakteri yang buruk tersebut.

Manfaat Konsumsi Makanan Probiotik

Manfaat Probiotik yang paling utama ialah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Namun, sebenarnya probiotik juga memiliki manfaat lain yang berguna untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat probiotik bagi kesehatan tubuh, yaitu :

1. Menyeimbangkan Ekosistem Dalam Pencernaan

Bakterti dan Jamur probiotik merupakan ssesuatu yang dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki manfaat yaitu untuk menyeimbangkan ekosistem bakteri di dalam sistem pencernaan. Hal tersebut berguna unuk menjaga keseimbangan dan memastika mikroorganisme baik dalam tubuh tetap bekerja dengan baik. Dan hal ini pun dapat berpengaruh baik pada sistem imun anda. Ketidakseimbangan mikroorganisme didalam sistem pencernaan dapat meningkatkan risiko terkena berbagai masalah kesehatan yang serius, seperti gangguan pencernaan, penyakit jantung, dan sebagainya.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat probiotik yang paling terkenal tentunya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Probiotik dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan menyeimbangkan kembali ekosistem bakteri dalam pencernaan. Sehingga Hal tersebut dapat meringankan gejala dari sindrom iritasi usus besar, dan melawan infeksi bakteri H.pylori yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker lambung, dan mengatasi penyakit radang usus.

3. Mencegah dan Membantu Mengatasi Infeksi Saluran Pernapasan

Menurut penelitian yang sudah dilakukan, probiotik dipercara bisa juga untuk mencegah dan mengobati infeksi saluran pernapasan, seperti pilek dan sebagainya. Mengonsumsi bakteri probiotik lactobacillus dan bifidobacterium mampu mempersingkat durasi sakit yang dialami dan mengurangi tingkat gejala yang ditimbulkan.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika anda sedang melakukan diet, maka anda disarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik. Karena mengonsumsi probiotik disaat anda sedang diet dapat membantu anda dalam mencapai berat badan yang di inginkan. Manfaat probiotik untuk menurunkan berat badan dibuktikan menurut penelitian yang menemukan bahwa bakteri probiotik Lactobacillus gasseri dapat menurunkan lemak diperut dalam kurun waktu 12 minggu. Tetapi jika anda sedang melakukan diet harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang lain dan rutin berolahraga untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Membantu Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat probiotik lainnya ialah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga jika anda sering mengonsumsi Makanan atau minuman probiotik anda akan terhindar dari risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, mengonsumsi probiotik juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat Probiotik tidak hanya terbatas pada pencernaan saja, tetapi juga untuk menjaga kesehatan kulit. Probiotik diketahui mampu mengatasi masalah jerawat, membantu pemulihan luka, dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Sekian saja Artikel kali ini semoga bermanfaat, Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan anda ya…

Susu Kambing Etawa Naima - susukambing.id
Untuk membantu menjaga kesehatan anda, kami sarankan anda untuk mulai mengonsumsi Susu Kambing Etawa Naima, karena didalam Susu Kambing Etawa Naima terdapat kandungan Madu, Propolis, dan Bee Pollen yang dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan.

Dan Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti kami di Facebook, Instagram, dan terus kunjungi kami di www.susukambing.id ya… Untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan dan juga informasi menarik seputar promo terbatas Susu Kambing Etawa Naima di waktu-waktu tertentu, jadi jangan lewatkan ya, untuk pemesanan silahkan klik disini.

Sebagian materi dan gambar dalam artikel ini dikutip dari Alodokter, Halodoc, Sehatq, klikdokter, dan Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *