Manfaat Vitamin D Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Vitamin D Bagi Tubuh - susukambing.id

Vitamin D merupakan nutrisi yang bermanfaat untuk membantu pembentukan dan pemeliharaan tulang. Oleh karena itu, asupan vitamin D sangat diperlukan oleh anda yang dalam masa pertumbuhan. Selain berguna untuk kesehatan tulang, vitamin D juga diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan jantung, otak, dan otot. Tetapi, sebenarnya manfaat vitamin D tidak hanya itu, masih banyak manfaat vitamin D yang bisa dirasakan oleh tubuh. Apa saja manfaat vitamin D bagi tubuh?

Vitamin D ialah nutrisi yang bisa diperoleh dari makanan atau suplemen, karena vitamin D sendiri tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Namun, vitamin D dapat diproduksi oleh tubuh dengan memanfaatkan sinar matahari (Sinar UV) yang diserap kulit. Tetapi tidak sedikit orang yang mengalami kekurangan vitamin D ini karena tubuh mereka tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, dan juga tidak memenuhhi asupan vitamin D dalam makanannya. Padahal, vitamin D merupakan vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh karena manfaatnya yang beragam untuk menunjang kesehatan tubuh.

Baca juga : Cara Mengatasi Anemia

Manfaat Vitamin D Bagi Kesehatan Tubuh

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi Vitamin D sendiri, tetapi membutuhkan paparan sinar matahari pagi untuk bisa mendapatkan vitamin D. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari makanan atau suplemen tertentu. Berikut ini beberapa manfaat vitamin D untuk kesehatan, antara lain :

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat vitamin D yang pertama tentu saja untuk membantu menjaga dan memelihara kesehatan tulang. Vitamin ini memiliki peran yang penting dalam mengatur kalsium dan menjaga kadar fosfor dalam darah. Kedua faktor tersebut sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D juga dapat membantu penyerapan kalsium yang dapat mendorong pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat dan sehat.

2. Mencegah Kanker

Menurut penelitian yang telah dilakukan, Vitamin D dipercaya memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Seperti kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker payudara. Hormon aktif vitamin D yang bernama calctrol ini ternyata bisa mengurangi perkembangan sel kanker dengan meningkatkan kematian sel kanker, memperlambat perkembangan pembuluh darah baru dijaringan kanker, serta dapat mengurangi pertumbuhan, penambahan, dan penyebaran sel kanker.

3. Membantu Kehamilan

Vitamin D juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil, karena vitamin D dapat mendukung tumbuh kembang janin serta pertumbuhan tulang dan giginya. Namun, jika Ibu hamil kekurangan vitamin D maka akan berisiko terkena preeklamasia, diabetes gestasional, melahirkan melalui opersi caesar, dan vaginosis bakterialis. Tetapi, kadar vitamin D yang terlalu tinggi saat hamil juga tidak baik karena akan meningkatkan si anak akan memiliki risiko alergi terhadap makanan. Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi vitamin D dalam jumlah yang cukup.

4. Mencegah Depresi

Vitamin D merupakan vitamin yang juga berperan dalam perkembangan fungsi otak. Jika kadar vitamin D didalam tubuh seseorang cukup atau tinggi maka hal tersebut dapat menurunkan risiko depresi. Sebaliknya, jika kadar vitamin D didalam dirinya rendah, maka risiko depresi serta gangguan saraf dan otak nya akan meningkat. Oleh karena itu, vitamin D juga penting untuk dikonsumsi sebagai salah satu nutrisi untuk mencegah depresi.

5. Mencegah Diabetes

Manfaat vitamin D yang selanjutnya yaitu, vitamin D bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2. Kadar vitamin D yang tidak memadai dapat berdampak buruk pada produksi insulin dan toleransi laktosa. Menurut penelitian yang sudan dilakukan, vitamin D yang cukup semasa kanak-kanak akan membuat anak terhindar dari diabetes. Oleh karena itu sangat penting untuk anda selalu mencukupi asupan vitamin D.

6. Meregenerasi Sel Tubuh

Vitamin D juga ternyata dapat membantu meremajakan sel tubuh, misalnya sel kulit. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D tinggi seperti Ikan, telur, dan margarin, maka hal tersebut dapat membantu meremajakan sel-sel kulit tubuh. Sehingga kulit tubuhmu akan terlihat segar dan sehat. Maka dari itu, mencukupi asupan vitamin D setiap hari sangatlah penting untuk dilakukan, karena hal tersebut dapat membantu peremajaan sel-sel tubuh anda.

Untuk membantu memenuhi nutrisi harian anda, kami menyarankan anda untuk mulai mencoba mengonsumsi Susu Kambing Etawa Naima. Karena didalam Susu Kambing Etawa Naima terdapat berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan termasuk vitamin D. Sehingga jika anda mengonsumsi nya secara rutin, maka hal tersebut sangat bagus untuk menjaga kesehatan anda.

Susu Kambing Etawa Naima - susukambing.id

Didalam Susu Kambing Etawa Naima juga terdapat kandungan dan nutrisi penting seperti Madu, Propolis, dan Bee Pollen yang dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan. Sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan anda dan keluarga.

Sekian Artikel kali ini, semoga bermanfaat… Dan Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti kami di Facebook, Instagram, dan terus kunjungi kami di www.susukambing.id ya… Untuk selalu mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan dan juga informasi menarik seputar promo terbatas Susu Kambing Etawa Naima di waktu-waktu tertentu, jadi jangan lewatkan ya, untuk pemesanan silahkan klik disini.

Sebagian materi dan gambar dalam artikel ini dikutip dari Alodokter, Halodoc, Hellosehat, Sehatq, dan Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *