Susu Kambing Berkhasiat untuk Kesehatan

Selain susu sapi dan susu kedelai yang sudah dikenal lebih dulu, kini susu kambing hadir di tengah-tengah masyarakat. Susu kambing mulai populer dipercaya memiliki berbagai khasiat dan manfaat luar biasa bagi kesehatan. Hal itu berdasarkan pada penelitian yang mengungkap bahwa susu kambing memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang cukup lengkap. Diantaranya, kalsium, sodium, fosfor, dan flourin. Makanya susu kambing etawa diklaim memiliki manfaat yang hampir setara dengan Air Susu Ibu (ASI).

Baca juga : Ciri Anak Kekurangan Gizi. Klik disini!

Nah selain itu, susu ini juga kaya akan kalsium, asam lemak baik, dan menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh. Mineral yang terkandung pada susu ini diantaranya adalah zincun (Zn), mineral alkaline, flourin, betakasein, asam amino, cynokobalamin, enzin xhantine oxydase, niasin, dan masih banyak lagi yang menjadikan susu ini sebagai alternatif susu menyehatkan.

Susu Kambing

Mari kita bahas lebih dalam mengenai, Apa saja khasiat yang ada dalam susu ini?

Berikut ini beberapa Khasiat dari susu kambing:

1. Baik untuk Jantung

Semakin tinggi tekanan darah, jantung yang bertugas untuk memompa darah tentu harus bekerja lebih keras. Sebaliknya, jika tekanan darah lebih terkendali, kesehatan jantung tentu akan lebih terjaga.

Susu kambing ini mengandung kalium. Yaitu, mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Pada takaran yang sama, yaitu 113 mililiter jumlah kalium pada susu ini ternyata lebih tinggi dibanding susu sapi, yaitu 160 mg dengan 149 mg.

Kalium pada susu kambing ternyata dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Caranya, dengan mengurangi kadar natrium dalam tubuh. Ya, kadar natrium yang berlebihan dapat memicu naiknya tekanan darah.

2. Mengatasi Anemia

Jika kita mengonsumsi susu ini secara rutin, penelitian mengatakan bahwa hal ini mampu memperbaiki kondisi anemia bahkan kekurangan zat besi. Susu ini dapat meningkatkan zat besi oleh tubuh serta merangsang pembentukan hemoglobin baru. Hemoglobin adalah merasa lelah, lemah, pucat pada kulit dan gusi, sesak napas, detak jantung tidak teratur, dan kuning pada mata atau kulit.

3. Mengobati Diabetes

Bagi Anda penderita diabetes, susu ini adalah asupan baik yang bisa Anda konsumsi. Khasiat susu ini bisa didapatkan berkat kandungan A2-Betakasein dan Asam Amino Esensial sangat baik bagi semua penderita diabetes untuk pembentukan insulin. Untuk mendapatkan manfaat susu ini dengan maksimal, minumlah susu ini tanpa tambahan pemanis.

4. Menurunkan Kolestrol

Kelebihan lainnya adalah asam lemak essensial seperti arakidonat dan linoleat yang berada di dalam kandungan susu ini disebut lebih tinggi dibandingankan dengan susu sapi. Asam lemak ini merupakan sumber energi yang cepat dibakar dan disimpan oleh tubuh sebagi lemak baik. Hal ini yang membuat susu ini dapat dikonsumsi sebagai upaya untuk menurunkan kolestrol. Maka, minum susu ini juga mencegah datangnya penyakit jantung.

Baca juga : Informasi tentang kesehatan lainnya. Klik disini!

Selain apa yang sudah disebutkan, masih banyak khasiat lainnya dari susu ini diantaranya untuk mengobati penyakit liver, hepatitis dan masih banyak lagi. Tapi sebaiknya sebelum penyakit itu datang kita sudah mencegahnya dengan mulai rutin untuk minum susu ini. Kamu bisa menambahkan jahe untuk campuran susu jika kamu tidak tahan dengan aroma khas dari susu ini. Jahe juga bisa membuat rasanya menjadi lebih hangat dan enak.

 

Sumber :

https://hellosehat com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-susu-kambing-kesehatan-tubuh/

https://doktersehat com/tertarik-dengan-susu-kambing-manfaat-sehatnya-cukup-banyak-lho/

http://www.apasih.web id/9-khasiat-ajaib-susu-kambing-yang-bikin-hidupmu-makin-sehat-1026.html

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *