Susu Kambing Etawa Baik untuk Ibu Hamil

susu kambing untuk ibu hamil

Sudah menjadi kebiasaan mengkonsumsi susu memang dilakukan atas dasar pengetahuan manusia bahwa susu dapat memberikan dampak baik bagi tubuh dan kesehatan seseorang yang mengkonsumsinya. Mengkonsumsi susu mungkin adalah satu hal yang biasa bagi ibu hamil, bahkan konsumsi susu ini bisa dibilang sebagai salah satu hal yang wajib dilakukan.

Tak hanya susu sapi, ada beragam jenis susu yang kaya nutrisi, salah satunya susu kambing etawa. Jarang terdengar, apa manfaat susu kambing etawa untuk ibu hamil? Susu kambing etawa sebenarnya tak berbeda dari jenis susu lainnya. Susu kambing mengandung nutrisi esensial yang melimpah seperti vitamin dan mineral. Bahkan, susu ini kaya akan asam lemak rantai menengah yang merupakan lemak menyehatkan untuk tubuh.

Baca Juga : Cari tau yuk, Penyakit psoriasisitu apa?

Apakah boleh Ibu Hamil minum Susu Kambing?

Terkait boleh tidaknya susu kambing etawa untuk dikonsumsi, sejauh ini tidak ada larangan yang menyatakan bahwa ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi susu kambing etawa dan tidak ditemukan berbagai macam efek samping yang sudah diteliti lebih jauh. Tidak adanya kondisi yang berdampak pada janin di dalam kandungan dan bukan termasuk larangan makanan ibu hamil. Jadi susu kambing etawa dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Meskipun boleh untuk dikonsumsi, ibu hamil tetap perlu memperhatikan beberapa hal diantaranya seperti :

  • Sebagai makanan tambahan

Susu kambing etawa maupun jenis susu sapi lainnya hanya dapat diposisikan sebagai makanan tambahan dibalik konsumsi makanan sehari-hari untuk membantu pemenuhan nutrisi ibu hamil. Susu kambing etawa sebagai makanan tambahan dapat memiliki beberapa manfaat diantaranya seperti menjaga kesehatan ibu dan kesehatan tulang, meningkatkan perkembangan otak pada janin, meningkatkan daya tahan tubuh bayi, membantu mengoptimalkan perkembangan janin di dalam kandungan.

  • Jangan konsumsi susu segar

Sesuatu yang segar dan baru diperoleh dari asalnya terkadang menjadi hal yang enak untuk dikonsumsi dan tentu lebih bermanfaat. Kondisi tersebut tidak berlaku bagi ibu hamil dalam mengkonsumsi susu kambing etawa. Dikarenakan konsumsi susu yang masih segar dan belum mengalami proses apapun dikhawatirkan masih terdapat banyak bakteri. Seperti mikroba, jasad renik, dan lain-lain yang bisa menginfeksi ibu hamil secara langsung.

Baca juga : Informasi tentang kesehatan lainnya. Klik disini!

  • Susu dalam kemasan

Konsumsi susu kambing etawa lebih banyak dimasyarakat dalam kondisi serbuk atau sudah mengalami pengolahan. Konsumsi susu dalam keadaan serbuk tidak menjadi masalah bagi ibu hamil asalkan tidak banyak bahan pengawet yang diberikan dan tentunya merek atau brand dari produk susu tersebut sudah sangat terpercaya.

  • Pasteurisasi susu

Proses pasteurisasi yang dilakukan untuk susu sapi juga dapat diterapkan dalam susu kambing agar susu yang segar tersebut terbebas dari mikroba dan jasad renik yang berbahaya. Pasteurisasi juga dapat membantu memperpanjang daya tahan dari susu kambing tersebut.

Berikut ini beberapa Manfaat susu kambing etawa untuk Ibu Hamil :

  1. Menjaga kesehatan tulang
  2. Melancarkan ASI
  3. Membantu meningkatkan perkembangan otak
  4. Mengoptimalkan perkembangan bayi
  5. Melancarkan saluran pencernaan

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *