Susu Kambing Etawa Murni

Jika mendengar kata kambing pasti yang terlintas oleh kita adalah dagingnya yang lezat dan tentu saja halal tapi sedikit yang tahu bahwa susu kambing juga selain rasanya yang manis dan gurih ternyata khasiatnya luar biasa. Terlepas dari itu, apakah susu kambing etawa itu halal? simak penjelasan berikut..

Susu Kambing Etawa Murni

Kandungan Susu Kambing Etawa Murni

Penelitian yang dilakukan oleh United State Departement of Agriculture (USDA) menunjukkan gizi susu kambing etawa mendekati komposisi sempurna ASI. Susu kambing etawa mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalori, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, vitamin A,B1 (IU), B2 (mg), B6, B12, C, D, E, Niacin, V, Kolin, dan Inositol. Anak yang mengkomsumsi susu kambing memiliki kepadatan tulang yang baik, kadar hemoglobin meningkat, serta kecukupan vitamin A, B1, B2, dan B3 yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel otak dan saraf. Asam amino yang mengandung sistin dan sistein penting untuk membangun kesehatan otak dan berperan dalam pembentukan sel darah penawar racun.

Proses Pengolahan Susu Kambing Etawa Murni

Susu kambing etawa diolah dengan proses pasteurisasi yaitu dengan memanaskan air susu kambing pada suhu 65c selama 10-15 menit agar dapat membunuh bakteri yang merusak kahasiat dan manfaat susu kambing, setelah seleseai pemanasan lalu air susu kambing etawa didinginkan secepatnya dengan tujuan menghambat pertumbuhan bakteri dan melalui proses pasteurisasi air susu kambing dapat disimpan selama 5-10 hari. Setelah itu dilakukan pengadukan selama pemanasan hingga mengental dan membentuk butiran kristal kemudian dihancurkan sampai menjadi lembut sehingga menjadi susu kambing etawa bubuk dan bahan pembuat rasa dan aromanya dapat ditambah ketika proses pemanasan air susu kambing seperti gula, jahe, madu, telur, kopi, gingseng, strobery dan coklat, dan lain sebagainya sesuai keinginan. Hasil dari susu kambing etawa bubuk yang dihasilkan tadi dapat di simpan sehingga dapat bertahan hingga 10-12 bulan lamanya.

Khasiat Susu Kambing Etawa Murni

Susu kambing etawa itu sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Susu inilah yang memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan Anda dan menekan rasa lapar secara efektif sehingga cocok untuk membantu diet. Selain itu, tak adanya protein kompleks dalam susu kambing etawa menjadikan susu ini mengurangi dampak alergi bila dibandingkan dengan susu sapi.

Meskipun banyak orang minum susu sapi untuk meningkatkan asupan kalsium dan mencegah osteoporosis, tetapi ada baiknya Anda juga mencoba rutin minum susu kambing etawa karena susu kambing etawa sangat kaya akan kalsium dan asam amino triptofan.

Susu kambing etawa mengandung flourin lebih banyak daripada susu sapi. Berdasarkan penelitian, Kandungan flourin yang terdapat dai susu kambing etawa adalah 10 sampai 100 kali kandungan flourin pada susu sapi. Flourin sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Susu kambing juga sangat baik bagi anda yang sedang dalam pemulihan pasca sakit.

Untuk mendapatkan susu kambing etawa murni memang sulit karena itu Saya disini memberikan solusi terbaik bagi Anda yang ingin merasakan khasiat nya yaitu Susu Kambing Etapro.

source: kompasiana, nuruddinil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *